Pasar Cik Puan Terbengkalai, Tak Ada Kepastian Pembangunan di 2023

Pasar Cik Puan Terbengkalai, Tak Ada Kepastian Pembangunan di 2023
Pj Walikota Pekanbaru Muflihun

Riauaktual.com - Nasib pembangunan Pasar Cik Puan di tahun 2023 ini belum ada kepastian. Bangunan berlantai tiga di Jalan Tuanku Tambusai ini masih terbengkalai. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih terkendala anggaran untuk melanjutkan pembangunan.

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun mengatakan, untuk membangun pasar Cik Puan dibutuhkan anggaran yang cukup besar. Sedangkan keuangan Pemko Pekanbaru saat ini masih sangat minim.

"Untuk pasar Cik Puan di tahun 2023 ini belum ya," kata Muflihun Selasa (17/1/2023).

Menurutnya, pemerintah kota cukup kesulitan untuk menyelesaikan pembangunan akibat anggaran yang dibutuhkan cukup besar. Hitungan konsultan, butuh uang kurang lebih Rp76 Miliar untuk pembangunan ini.

"Kita tak usah terlalu berharap dulu untuk pasar Cik Puan. Bohong namanya kalau kita berani bisa membangun Cik Puan di tahun ini. Karena kondisi saat ini saja, tahun 2023 ini masih ada kemungkinan tunda bayar Rp70 miliar, artinya pasar tradisional dululah yang kita akan kita coba renov," terangnya.

Pemerintah kota juga telah berupaya meminta bantuan ke pemerintah pusat. Namun, hingga kini belum ada kepastian terkait hal itu. Muflihun mengatakan untuk teknisnya berada di Disperindag yang meminta bantuan tersebut.

"Kalau itu teknisnya ke Disperindag ya, karena saya pernah meneken minta bantuan ke Pusat. Coba koordinasi dengan Disperindag," jelasnya.

Sebelumnya Muflihun mengatakan, butuh anggaran sekitar Rp80 miliar untuk menuntaskan pembangunan Pasar Cik Puan. Jumlah fantastis ini jelas saja sangat membebani APBD Pemko Pekanbaru.

Pemerintah kota juga telah meminta bantuan ke pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan agar bisa melanjutkan pembangunan Pasar Cik Puan. Pemerintah kota meminta bantuan melalui APBN.

"Untuk uang sendiri itu kurang lebih Rp80 miliar untuk membangun itu. Kita tidak tahu ya apakah nanti ini akan sekali, dua kali, atau tiga kali (dibantu melalui) APBN. Tapi kita upayakan supaya pedagang nanti bisa menempati pasar yang telah kita bangun nantinya," kata Muflihun, Kamis (6/10/2022).

Dirinya menyebut, saat ini lahan Pasar Cik itu sudah resmi menjadi aset Pemko Pekanbaru. Maka pasar tersebut pengelolaan dibawah pemerintah kota. 

Berita Lainnya

index