Belum Ada Konfirmasi Positif Covid-19 Varian XBB di Pekanbaru

Belum Ada Konfirmasi Positif Covid-19 Varian XBB di Pekanbaru
Kepala Diskes Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih

Riauaktual.com - Kasus aktif Covid-19 kembali meningkat di Kota Pekanbaru sejak sepekan terakhir. Ada indikasi peningkatan terjadi akibat sebaran Covid-19 varian XBB.

Namun hal ini belum dapat dipastikan oleh Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru. Belum ada hasil yang menyatakan peningkatan kasus akibat varian baru Covid-19, yakni XBB.

Kepala Diskes Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih mengungkapkan, bahwa sampel yang didapat diperiksa di Diskes Provinsi. Pemeriksaan dilakukan di sana dan belum ada konfirmasi terkait varian XBB ini.

"Belum ada hasilnya (konfirmasi XBB). Bisa jadi kemungkinan dari XBB karena terjadi peningkatan lagi kan," ujar Zaini Rizaldy, Jumat (18/11/2022).

Menurutnya, Covid-19 varian XBB ini tidak memiliki gejala berat. Gejalanya lebih ringan dibandingkan orang yang terpapar Covid-19 biasa.

"Daya tular nya lebih cepat dari yang biasa. Gejala nya sama dengan covid sebelumnya. Batuk, flu, tenggorokan sakit, badan sakit. Bervariasi lah tergantung individunya," ulasnya.

Namun demikian, Zaini mengimbau masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Pandemi belum berakhir, masyarakat diminta tetap waspada terhadap penularan Covid-19. 

Berita Lainnya

index