Kakanwil Riau Sertijab Kalapas Kelas II A Bangkinang

Kakanwil Riau Sertijab Kalapas Kelas II A Bangkinang

Riauaktual.com - Tongkat kepemimpinan Lapas Kelas IIA Bangkinang resmi diserahkan dari pejabat yang lama, Sutarno kepada pejabat yang baru, Misbahuddin.

Serahterima jabatan (sertijab) orang nomor satu di Lapas Bangkinang ini dipimpin langsung Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Muhammad Jahari Sitepu, Selasa (15/11/2022).

Dalam giat sertijab Kalapas Bangkinang ini turut pula dilaksanakan Sertijab Ketua Dharma Wanita Lapas Bangkinang, dari Neneng Sutarno kepada Rita Lisdiana Misbahuddin.

Dihadapan Pj Bupati Kampar, M Kamsol dan para Forkopimda Kabupaten Kampar serta jajaran Lapas Bangkinang, Sutarno menyerahkan tugas, wewenang, dan tanggung jawabnya sebagai Kalapas Bangkinang. Dimana jabatan yang telah diembannya selama hampir 3 tahun.

Sementara itu, Misbahuddin sebagai pejabat yang baru berjanji akan melanjutkan program kerja dan pembinaan.

"Saya berjanji akan melanjutkan program dari bapak Sutarno di lapas yang selama ini telah berjalan sangat baik serta akan terus meningkatkan sinergitas dengan stakeholder terkait," katanya.

Dalam sambutannya, Kakanwil mengapresiasi kinerja Sutarno dalam memimpin lapas. Dikatakannya selama ini sangat banyak program pembinaan yang telah berjalan diantaranya pabrik roti, peternakan ikan dan ayam ras, pertanian buah dan sayur, pembuatan abon, laundry dan sebagainya.

"Terima kasih atas kinerja terbaik pak Sutarno, kami yakin pak Misbahuddin juga bisa membawa lapas ini menjadi lebih baik lagi dan semakin maju. Tentunya dengan menerapkan 3 Prinsip Pemasyarakatan Maju plus Back To Basics seperti arahan Bapak Dirjenpas," ujarnya.

Dikatakan Jahari lagi, meskipun kondisi Lapas Bangkinang sudah mengalami over kapasitas, namun dia berharap pimpinan lapas yang baru dan seluruh jajaran tetap dapat menjaga kondusifitas.

"Bukan hanya itu, disisi lain saya juga mengingatkan agar pelayanan yang diberikan kepada WBP juga tidak diskriminatif, harus diperlakukan sama tanpa pandang bulu," harapannya.

"Kunci utamanya adalah kerjasama, komitmen dan integritas. Untuk itu saya berharap Lapas Bangkinang tetap menjalin sinergitas dengan aparat penegak hukum lainnya. Ingat jangan sekali-kali bermain narkoba. Baik jadi pemakai, pengedar atau coba-coba menyelundupkan narkoba ke lapas. Terbukti bersalah, akan saya sikat dan pecat," tegas Jahari Sitepu.

Tidak adanya pungutan liar menurut kakanwil juga menjadi kunci kondusifitas keamanan lapas. Untuk itu, jangan meminta imbalan atau hadiah atas layanan yang diberikan ke warga binaan.

Sebagai informasi, Sutarno akan menjabat sebagai Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, Keamanan pada Kanwil Kemenkumham Kepulauan Riau.

Sementara Kalapas Bangkinang yang baru, Misbahuddin, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, Keamanan pada Kanwil Kemenkumham Sulawesi Barat.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index