TPS Belum Rampung, Relokasi Pedagang Terminal BRPS Tak Jelas

TPS Belum Rampung, Relokasi Pedagang Terminal BRPS Tak Jelas
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut

Riauaktual.com - Rencana relokasi pedagang yang berjualan di belakang Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tak kunjung dilakukan. Relokasi pedagang masih terkendala tempat penampungan.

Rencananya, Pemko Pekanbaru merelokasi ratusan pedagang ini ke tempat penampungan sementara (TPS) di kawasan Pasar Induk, Jalan Soekarno Hatta Ujung.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, relokasi pedagang terminal BRPS masih berproses. Tempat penampungan masih dalam pembangunan.

"Masih berjalan, ada beberapa persoalan kita dapat laporan dari camat. Ada masalah sampah, pungli juga," ujar Ingot, Kamis (10/11/2022).

Menurutnya, pengembang Pasar Induk masih melakukan pembangunan TPS. Lokasinya berada di halaman Pasar Induk. TPS digunakan oleh pedagang untuk berjualan hingga bangunan utama Pasar Induk rampung.

"TPS belum selesai, jumlah pedagang kita di BRPS itu ada sekitar 240. Kita harapkan secepatnya TPS ini bisa rampung," terangnya.

Sebelumnya, rencana pemindahan pedagang yang berjualan di belakang Terminal BRPS ke Pasar Induk masih terkendala. Sebagian dari pedagang ini menolak pemindahan yang dilakukan Pemko Pekanbaru.

Ada ratusan pedagang yang bakal dipindahkan ke pasar yang berada di Jalan Soekarno Hatta Ujung ini. Disperindag Kota Pekanbaru mendata ada sekitar 200 pedagang yang bakal dipindahkan. Mayoritas pedagang ini berjualan sayuran dan cabai.

"Saya dengar ada yang menolak. Tapi yang mau di tolak itu apa," kata Kepala Disperindag Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut, Rabu (25/5/2022).

Menurutnya, pihaknya bakal terus melakukan komunikasi dan sosialisasi kepada pedagang agar mereka mau pindah ke lokasi Pasar Induk.

"Karena mereka berjualan di situ (Terminal BRPS) pihak damkar sudah keberatan. Kita siapkan lokasi berjualan sementara di kawasan Pasar Induk," ungkapnya.

Pemko Pekanbaru pun segera merelokasi pedagang yang berjualan di belakang Terminal BRPS. Saat ini pemerintah kota dalam persiapan relokasi. Ratusan pedagang sayur ini bakal di relokasi ke kawasan Pasar Induk dalam waktu dekat.

Pemerintah kota masih menanti pengembang yakni PT. Agung Raffa Bonai (ARB) membuat tempat penampungan sementara.

"Kita kerjasama dengan pengelola, sedang menyiapkan tempat penampungan," pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index