Berfungsi Maret 2023, 4.000 Rumah Tangga Ditargetkan Gunakan IPAL

Berfungsi Maret 2023, 4.000 Rumah Tangga Ditargetkan Gunakan IPAL
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution

Riauaktual.com - Pekerjaan galian perpipaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) disejumlah kecamatan di Pekanbaru tuntas Desember 2022 ini. Pekerjaan galian tidak dilanjutkan pada tahun depan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mengatakan, paling lambat Maret 2023 mendatang, saluran IPAL yang ada di Kecamatan Sukajadi sudah mulai berfungsi.

"Akhir tahun ini pengerjaan IPAL di Pekanbaru sudah tuntas, kemungkinan tidak dilanjutkan lagi di kecamatan lain. Maret 2023 sudah beroperasi," terang Indra Pomi, Rabu (9/11/2022).

Menurutnya, pada awal pengoperasiannya minimal ada 4.000 sambungan rumah tangga yang terhubung dengan IPAL.

Nantinya seluruh limbah yang dihasilkan rumah tangga akan mengalir ke saluran IPAL. Mulai dari limbah cuci piring serta juga limbah kloset .

Indra juga menambahkan, tahun depan Pemerintah Kota Pekanbaru menargetkan bisa menambah sambungan rumah sebanyak 750 sambungan rumah.

"Nanti kita akan ajukan  bantuan kepada provinsi untuk penambahan sambungan rumah ini. Karena tanggung jawab pemerintah untuk sambungan rumah ada sebanyak 3.000 sambungan rumah," ulasnya.

Sementara itu untuk perbaikan jalan bekas galian IPAL, menurut pantauan Dinas PUPR juga sudah hampir rampung. Sebagian besar ruas jalan rusak akibat galian perpipaan IPAL sudah selesai diperbaiki oleh kontraktor pelaksana pembangunan IPAL.

"Hanya ada beberapa ruas jalan lagi yang belum selesai diperbaiki. Tapi akhir tahun nanti semua sudah tuntas diperbaiki," pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index