DPRD Pekanbaru Seleksi Usulan Anggaran di R-APBD 2023

DPRD Pekanbaru Seleksi Usulan Anggaran di R-APBD 2023
Wakil Ketua Komisi I DPRD Pekanbaru Krismat Hutagalung

Riauaktual.com - Wakil Ketua Komisi I DPRD Pekanbaru Krismat Hutagalung menekankan bahwa penyusunan rancangan APBD Kota Pekanbaru harus lebih efektif dan efisien agar program-program kegiatan yang telah dirancang bisa dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Hal ini ia ungkapkan setelah Komisi I DPRD memanggil beberapa mitra kerja yang ada di OPD lingkungan Pemko Pekanbaru untuk membahas rencana kegiatan APBD tahun 2023.

"Dari beberapa OPD yang dipanggil, tidak ada yang menjadi sorotan khusus. Namun, kami selalu menekankan bahwa untuk penggunaan anggaran murni di tahun 2023 mendatang itu harus lebih efektif dan efisien,” kata Krismat, Jum'at (1/10/2022).

Krismat yang juga merupakan Anggota Badan Anggaran (Banggar) ini menilai, penggunaan anggaran yang efektif dan efisien ini perlu dilakukan untuk menyelesaikan beberapa persoalan sesuai dengan tiga skala prioritas dari Pj Walikota Pekanbaru Muflihun. Diantaranya seperti permasalahan banjir, sampah dan jalan rusak.

Selain itu, pendidikan dan juga kesehatan juga menjadi persoalan yang harus dapat dipenuhi oleh pemerintah untuk masyarakat.

“Tingkatkan pelayanan langsung kepada masyarakat, kita mau hand to hand kerjasama setiap OPD sangat penting, kalau bisa anggaran yang ada di OPD dipergunakanlah secara efektif dan efisien. Lihat saat ini kondisi masyarakat yang benar-benar butuh sekali hadirnya pemerintah di pelayanan yang bersentuhan dengan masyarakat,” jelasnya.

Politisi Hanura ini juga mengaku bahwa Komisi I belum ada melihat adanya OPD yang mengajukan anggaran untuk kegiatan yang tidak bermanfaat atau langsung bersinggungan dengan masyarakat.

"Sejauh ini, pembahasan anggaran murni untuk tahun 2023 normal-normal saja," tutup Krismat.

Berita Lainnya

index