Diajukan Rp 269,5 M, Komisi IV Seleksi Anggaran Diskes

Diajukan Rp 269,5 M, Komisi IV Seleksi Anggaran Diskes
Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru, Nurul Iksan

Riauaktual.com – Guna membahas ajuan anggaran dalam APBD Pekanbaru tahun anggaran 2023 nanti, Komisi IV DPRD Pekanbaru mengadakan rapat dengar pendapat atau hearing bersama Dinas Kesehatan Pekanbaru pada Selasa (18/10/2022) kemarin.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Diskes) Pekanbaru, jumlah ajuan anggaran dalam APBD 2023 mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun 2022 lalu. Jika pada tahun 2022 lalu Diskes Pekanbaru mendapatan jatah anggaran sebesar Rp 301 miliar, namun pada APBD Pekanbaru tahun 2023 nanti hanya diajukan sebesar Rp 269,5 miliar. 

Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru, Nurul Iksan mengatakan, anggaran yang diajukan oleh Diskes Pekanbaru nantinya akan dibahas dan diseleksi secara ketat. Pasalnya, Pemko Pekanbaru membutuhkan biaya besar dalam menuntaskan persoalan jalan rusak, banjir dan sampah karena selalu menjadi keluhan masyarakat setiap tahun.

“Tadi kami sudah mendengarkan, beberapa item anggaran yang disampaikan Pak Kadiskes untuk ajuan dalam APBD Pekanbaru tahun anggaran 2023. Kita harus satu semangat, bahwa Gubernur telah mengistruksikan PJ Walikota Pekanbanru untuk menuntaskan 3 masalah prioritas yakni perbaikan jalan rusak, banjir dan sampah. Kalau tidak urgent kali, sebaiknya rencana pembangunan dan rehab ringan ditunda dulu. Kalau di bidang pelayanan, kita tetap harus utamakan atau menomor satukan pelayanan kita terhadap masyarakat Kota Pekanbaru," jelas Nurul Ikhsan.

Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru, Zaini Rizaldy menyebutkan, Diskes Pekanbaru mengajukan anggaran sebesar Rp 269,5 miliar dalam APBD Pekanbaru 2023. Pada tahun 2023 nanti, akan ada sejumlah program kerja prioritas yang akan dilaksanakan oleh Diskes Pekanbaru.

“Jadi untuk program Dinas Kesehatan tahun 2023, sama dengan tahun sebelumnya yakni melanjutkan program nasional seperti penurunan stunting, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan serta termasuk juga Visi-Misi PJ Walikota Pekanbaru. Dimana, PJ Walikota ingin mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui kunjungan ke rumah serta pemberian jaminan kesehatan melalui program JKN-KIS yang dibaiayai oleh Pemko Pekanbaru,” pungkas Zaini.

Dari Rp 269,5 miliar ajuan anggaran dalam APBD Pekanbaru 2023 nanti, Rp 142,7 miliar diantaranya akan digunakan untuk pembayaran gaji dan tunjangan pegawai. Sedangkan anggaran senilai Rp 10,7 miliar akan diperuntukan bagi biaya rehab, kalibrasi alat kesehatan dan dan pengadaan alat kesehatan Puskesmas serta pengadan obat-obatan dan bahan medis habis pakai.

Berita Lainnya

index