Pendangkalan Sebabkan Banjir, PUPR Pekanbaru Keruk Parit di Sepanjang Kecamatan Sukajadi

Pendangkalan Sebabkan Banjir, PUPR Pekanbaru Keruk Parit di Sepanjang Kecamatan Sukajadi

Riauaktual.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, terus lakukan normalisasi parit jalan di sepanjang Kecamatan Sukajadi. Lokasi ini menjadi perhatian karena banyaknya penyumbatan drainase sehingga menyebabkan banjir.

Apalagi beberapa waktu lalu Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, turun langsung saat banjir terjadi di beberapa titik di Kecamatan Sukajadi. Dia mendapati banyaknya parit yang tersumbat.

"Seperti Jalan mangga itu tinggal normalisasi parit kiri dan kanannya, supaya tidak banjir," ujar Kepala Dinas PUPR Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Minggu (2/10/2022).

Menurutnya, saat ini pihaknya melalui pasukan kuning setiap hari melakukan normalisasi atau pembersihan parit. Ada 10 tim yang dikerahkan dalam pembersihan di sejumlah wilayah.

Mereka melakukan pengerukan dasar parit yang bertujuan untuk mengurangi pendangkalan, dan mengembalikan fungsi drainase agar lebih optimal saat menghadapi debit air yang meningkat pada musim hujan.

"Selain mengangkat sampah, pasukan kuning juga membersihkan tanaman liar yang tumbuh menutupi aliran drainase," terangnya.

Dirinya mengakui bahwa untuk penanganan banjir tidak ada tambahan anggaran. Pihaknya mengoptimalkan melalui anggaran yang ada tahun ini, yakni sebesar Rp12 miliar.

"Normalisasi tidak hanya kita lakukan pada drainase atau parit saja, tapi juga sungai. Beberapa sungai juga kita keruk, salah satunya Sungai Sail," tutupnya

Berita Lainnya

index