Berkedok Penampungan Satwa, Puluhan Kucing Ditemukan Terlantar di Rumah Warga

Berkedok Penampungan Satwa, Puluhan Kucing Ditemukan Terlantar di Rumah Warga

Riauaktual.com - Komunitas Cinta Satwa Riau mendatangi salahsatu rumah yang diduga menjadi tempat penampungan kucing liar ilegal di Jalan Purwodadi, Kecamatan Tuah Madani, Kota Pekanbaru, Jumat 30 September 2022. 

Setiba di lokasi, aroma busuk begitu menyengat dari rumah yang berada sangat dekat dengan pemukiman penduduk tersebut. Sembilan ekor kucing ditemukan dalam kondisi sudah menjadi bangkai dan mulai mengering.

Pemandangan mengenaskan terlihat jelas dengan bangkai kucing yang sudah membusuk di depan teras rumah.

Sayangnya, saat Komunitas Cinta Satwa Riau mencoba menghubungi pemilik rumah, tidak ada respon dari yang bersangkutan. Kemudian saat mencoba menghubungi orang tua dari terduga pelaku, mereka langsung mendatangi lokasi kejadian.

Sempat menangis sebelum masuk ke dalam rumah, ibu dari terduga pelaku penelantaran satwa tersebut mengaku tak mengetahui apa yang telah diperbuat oleh anaknya selama ini.

"Saya tak serumah dengan dia (anaknya, red), jadi saya tak tahu apa yang diperbuatnya," ucapnya.

Orangtua dari pemilik penampungan memberi izin tim untuk masuk ke dalam rumah, guna melihat kondisi di dalam rumah.

Naas, kondisi rumah sangat berantakan ditambah lagi banyak kotoran kucing berserakan di lantai. Tak sampai disitu, beberapa bangkai kucing juga terlihat bertebaran di dalam ruangan.

Salah seorang anggota Komunitas Cinta Satwa Riau, Yamin menjelaskan, ia mendapat laporan dari masyarakat terkait penampungan kucing liar ilegal.

"Saat di lokasi kami menemukan ada sekitar 9 ekor kucing sudah menjadi bangkai," terang Yamin, Jumat (30/9/2022).

Masih di lokasi yang sama, juga ditemukan 7 ekor kucing dalam kondisi hidup dan dua di antaranya mengalami kebutaan. Sebagian dari kucing-kucing ini diduga titipan dari masyarakat.

"Kami menduga, tempat penampungan ini digunakan si pemilik untuk mencari uang dari masyarakat untuk merawat kucing, tapi kenyataannya kucing-kucing ini tidak dirawat dengan baik," kata Yamin.

Kucing-kucing yang ditemukan dalam kondisi hidup ini, dibawa ke klinik untuk dilakukan observasi dan selanjutnya akan dirawat. Sampai saat ini pemilik penampungan tersebut belum dapat dihubungi.

"Selanjutnya kasus ini akan kita limpahkan ke Polda Riau untuk segera diproses dan ditindaklanjuti secara hukum," tegasnya. 

Berita Lainnya

index