Distankan Klaim Hewan Ternak di Pekanbaru Bebas dari PMK

Distankan Klaim Hewan Ternak di Pekanbaru Bebas dari PMK
Kepala Distankan Kota Pekanbaru Muhammad Firdaus

Riauaktual.com - Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru mengklaim, bahwa belum ditemukan hewan ternak yang terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Hewan ternak di Kota Pekanbaru masih dari PMK.

Kepala Distankan Kota Pekanbaru Muhammad Firdaus mengatakan, dalam pencegahan PMK tersebut, pihaknya telah melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak. Ia mencatat sudah ada seribu lebih hewan ternak yang disuntik vaksin PMK.

"Kita telah melaksanakan vaksinasi hewan ternak sapi dan kerbau sebanyak 1382 ekor di 27 titik Kota Pekanbaru," ujar Firdaus, Selasa (20/9/2022).

Menurutnya, sejauh ini vaksinasi PMK tersebut masih terlaksana dan Pekanbaru masih bebas dari wabah PMK. Untuk ketersediaan vaksin, dirinya mengaku bahwa stok vaksin di Provinsi Riau selalu standby dan siap di drop jika diperlukan kabupaten/kota.

Firdaus menilai, Kota Pekanbaru adalah salah satu kota lalu lintas ternak, sehingga tingkat penularan PMK ini sangat tinggi. Meski begitu, dirinya tetap melakukan pemantauan dan memeriksa surat izin masuk, surat kesehatan hewan dan surat pernyataan hewan ternak tersebut bebas PMK.

Ia menyebut, hewan ternak potong yang masuk ke Pekanbaru mayoritas berasal dari Provinsi Lampung dan Sumatera Utara. Sedangkan untuk hewan ternak bibit berasal dari Sumatera Utara dan di luar Pulau Sumatera.

"Dari pantauan kita belum ada hewan ternak di Pekanbaru yang mengalami gejala PMK ataupun gejala yang mendekati PMK," pungkasnya.

Berita Lainnya

index