Pekanbaru Kehabisan Stok Vaksin Moderna, Suntik Booster Dua Terhambat

Pekanbaru Kehabisan Stok Vaksin Moderna, Suntik Booster Dua Terhambat
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih

Riauaktual.com - Stok vaksin covid-19 jenis Moderna di Kota Pekanbaru saat ini habis. Kondisi ini membuat pemberian vaksin dosis empat atau booster kedua menjadi terhambat.

Vaksinasi booster dua saat ini diprioritaskan bagi para tenaga kesehatan (nakes). Mayoritas dari mereka jalani vaksin dosis tiga dengan vaksin jenis Moderna.

Maka sebagian dari mereka masih menunggu Vaksin Moderna, karena vaksin booster dua ini jenis vaksin disesuaikan dengan suntik dosis tiga.

"Kami sudah ajukan penambahan dosis vaksin jenis Moderna," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih, Minggu (18/9/2022).

Menurut Zaini, kondisi vaksin yang terbatas ini menjadi penyebab rendahnya vaksinasi booster tahap kedua bagi nakes. Para nakes menunggu jenis vaksin tertentu sesuai dengan jenis yang disuntik pada dosis tiga.

Zaini mengaku, saat ini pihaknya memang sudah mengajukan penambahan untuk vaksin jenis Moderna. Namun stok di pusat habis, sehingga pihaknya masih menunggu.

Dirinya mengatakan, nakes yang sudah suntik vaksin booster dua masih sekitar 1.800 orang atau baru 16,55 persen dari total jumlah nakes.

"Tapi walaupun demikian, karena stok (vaksin) Pfizer kita banyak, maka ini yang akan kita maksimalkan dulu," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index