Beruang Madu Masuk Permukiman Warga di Pelalawan, BKSDA Turun Tangan

Beruang Madu Masuk Permukiman Warga di Pelalawan, BKSDA Turun Tangan
Tangkapan layar video amatir warga yang memperlihatkan seekor beruang madu bermain di kolong rumah panggung warga di Kecamatan Bunut, Pelalawan.

Riauaktual.com - Seekor beruang madu terpantau memasuki area permukiman warga di Kecamatan Bunut, Pelalawan, Riau. Hal ini didapat berdasarkan video amatir warga, Selasa (30/8).

Dibenarkan Kepala Bidang Wilayah I Balai Besar KSDA Riau, Andri Hansen Siregar yang menjelaskan, pihaknya mendapat lapiran dari masyarakat, bahwa ada beruang madu yang masuk halaman rumah warga di Kecamatan Bunut.

"Seorang warga melihat langsung ada seekor beruang madu dibawah kolong rumah panggung yang tidak berpenghuni," kata Andri, Rabu (31/8/2022).

"Warga tersebut sontak merekam aktifitas satwa liar dan kemudian melaporkan kejadian ke pihak kecamatan," tambahnya.

Namun, saat dilakukan pengecekan ke lokasi, Andri mengatakan keberadaan beruang madu tersebut tidak ditemukan dan diduga sudah berpindah tempat.

"Tidak jauh dari pemukiman itu masih ada hutan kecil, dan diduga hutan kecil itu menjadi habitat satwa beruang madu," ungkapnya.

Dari hasil identitikasi petugas, beruang madu ini diperkirakan masih remaja dan diperkirakan berusia 6 sampai 7 tahun.

Sebelumnya, pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau telah tiga kali melakukan mitigasi konflik satwa beruang disekitar lokasi tersebut, ungkapnya.

"Pengecekan itu kita lakukan sejak 17 Mei, 19 mei dan 7 Juli 2022," ujarnya.

Dikatakannya, pada 7 Juli 2022 tim telah memasang boxtrap selama sekitar 2 minggu dilokasi tersebut, namun belum membuahkan hasil.

"Sejak saat itu, beruang madu tidak lagi pernah menampakan diri dilokasi sekitar pemukiman, sehingga tim memasang boxtrap dilokasi lain," jelasnya.

Saat ini tim masih melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan pihak Desa untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, tutupnya.

Hingga berita ini diturunkan, BKSDA Riau belum mendapatkan laporan adanya korban akibat serangan beruang madu tersebut.

Berita Lainnya

index