Stok Terbatas, Baru 81 Nakes di Pekanbaru Suntik Vaksin Dosis Empat

Stok Terbatas, Baru 81 Nakes di Pekanbaru Suntik Vaksin Dosis Empat
Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih. (Istimewa)

Riauaktual.com - Pemberian vaksin covid-19 dosis keempat bagi Tenaga Kesehatan (Nakes) telah bergulir di Kota Pekanbaru. Ada ribuan Nakes yang menjadi sasaran penerima vaksin. 

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, hingga saat ini baru 81 orang Nakes yang jalani suntik vaksin dosis empat atau booster dua. Mereka merupakan Nakes yang bertugas di sejumlah Puskesmas. 

"Mulai kemarin sudah kita vaksin, sudah 81 orang. Vaksin nya di Puskesmas dan rumah sakit," ujar Zaini Rizaldy Saragih, Senin (8/8/2022). 

Menurutnya, saat ini salah satu kendala dalam proses vaksinasi dosis empat adalah terkait ketersediaan vaksin. Saat ini jumlah vaksin alami keterbatasan. Apalagi untuk suntik dosis keempat ini harus disesuaikan jenisnya dengan suntik vaksin dosis tiga. 

"Vaksinnya itu kan yang di pakai suntik dosis tiga kemarin jenis moderna, sementara untuk stok vaksin moderna kita terbatas," ulasnya. 

Pihaknya telah meminta tambahan dosis vaksin yang dibutuhkan ke pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi Riau. Zaini mengaku vaksin tersebut masih dalam pengiriman. 

Dinas kesehatan harus menanti dosis tambahan sampai ke Kota Pekanbaru, dan kemudian baru bisa dilakukan vaksinasi lanjutan. Dirinya pun mengaku belum mendapat suntikan dosis empat karena keterbatasan vaksin. 

"Sebenarnya yang prioritas (pemberian vaksin) kan untuk booster (suntik dosis tiga) ke masyarakat umum. Baru kemudian untuk nakes suntik dosis empat," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index