Komisi IV Minta DLHK Pekanbaru Kerahkan Petugas Untuk Awasi Tumpukan Sampah di Pasar

Komisi IV Minta DLHK Pekanbaru Kerahkan Petugas Untuk Awasi Tumpukan Sampah di Pasar
Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Nurul Ikhsan

Riauaktual.com - Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Nurul Ikhsan meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru untuk menyelesaikan masalah tumpukan sampah yang berada di pasar. Pasalnya, sejumlah pasar yang ada di Pekanbaru masih ditemukan tumpukan sampah.

"Ya, kalau masih ada tumpukan sampah di pasar-pasar ini berarti permasalahan sampah di Kota Pekanbaru ini belum tuntas. Apalagi tumpukan sampah ini di pasar, pasti sangat mengganggu kenyamanan pembeli dan pedagang. Seharusnya perlu ada pengawasan di lapangan," kata Nurul, Ahad (24/7/2022).

Nurul mengaku masih mendapat laporan dari masyarakat terkait adanya tumpukan sampah di sejumlah pasar. Seperti di Pasar Pagi Arengka dan Pasar Palapa.

Menurutnya, perlu ada penegasan dan pengawasan yang ketat oleh DLHK Kota Pekanbaru untuk menyelesaikan persoalan tumpukan sampah di pasar. Diantaranya, dengan meletakkan personil petugas untuk berjaga-jaga agar tidak ada yang membuang sampah dilokasi pasar tersebut.

"Harus ada pengawasan dari petugas dilapangan, petugas ini harus stand by. Jadi harus ada pengawasan yang real dilapangan agar kita tahu akar permasalahannya apa. Kalau ini dijaga, apakah masih ada oknum-oknum yang berani membuang sampah dilokasi itu. Jangan tinggalkan pos itu, karena kalau pos ditinggalkan ya ibaratkan seperti lalu lintas di jalan, para pengendara motor itu tidak tertib," jelasnya.

Politisi Gerindra ini juga meminta DLHK agar berkoordinasi dengan Disperindag Kota Pekanbaru agar masalah tumpukan sampah yang ada di pasar tidak lagi terjadi.

"Perlu tekanan dan kolaborasi antara DLHK dengan Disperindag Kota Pekanbaru dalam persoalan sampah di pasar ini. Karena saya dengar, sampah yang ada dipasar ini yang mengutip lain dan yang mengambil lain. Ironis rasanya target PAD itu tidak jelas kemana perginya," tutup Nurul.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index