Tingkatkan Kesadaran Hukum, Ratusan Mahasiswa Fakultas Hukum Unilak Sosialisasi UU Bagi Masyarakat Tualang

Tingkatkan Kesadaran Hukum, Ratusan Mahasiswa Fakultas Hukum Unilak Sosialisasi UU Bagi Masyarakat Tualang
Mahasiswa Fakultas Hukum Unilak Sosialisasi UU Bagi Masyarakat Tualang

Riauaktual.com - Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning Pekanbaru mengikuti program Karya Bakti Kepada Masyarakat (KBM) di Kabupaten Siak, tepatnya di kecamatan Tualang. 

Pelepasan program KBM dilakukan oleh Dekan Fakultas Hukum Dr Fahmi SH MH di Gor Tualang, turut hadir Camat Tualang Tengku Indra Putra,S.STP.MSi, Kapolsek Tualang, Danramil Tualang, Kepala KUA Tualang, Kepala UPTD,  Lurah dan Penghulu se- Kecamatan Tualang. Kamis, 21/07/2022.

Program KBM merupakan bagian Tri Darma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan mahasiswa sebanyak 252 orang yang akan mengabdi di tengah-tengah masyarakat. Antusiasme mahasiswa Fakultas Hukum Unilak untuk mengikuti KBM sangat besar di tandai dengan jumlah peserta mahasiswa yang mendaftar. Pelaksanaan KBM secara tatap muka menjadi yang pertama pasca wabah Coivd 19 yang terjadi di tahun 2020-2021.

Dr Fahmi yang dihubungi Jumat, 22/07/2022. menyebutkan KBM Fakultas Hukum merupakan agenda rutin dari fakultas hukum untuk mahasiswa semeter 6 masuk ke 7. Ini adalah KBM tatap muka yang perdana setelah 2 tahun vakum akibat pandemi. 

"KBM tahun ini kita laksanakan selama 4 hari, ini implementasi dari Tri Darma Perguruan Tinggi, pengajaran, penelitian dan pengabdian (KBM) kepada masyarakat adalah perwujudan dari itu," ujar Dr Fahmi.

Ditambahkannya lagi, selama 4 hari mahasiswa akan melaksanakan program-pogram mandiri dan kelompok. 

Satu kelompok ada 17 mahasiswa, yang disesuaikan dengan bidang. Meraka akan melakukan berbagai kegiatan seperti penyuluhan hukum berupa sosialisasi bahaya narkoba, sosialisasi UU ITE, kenakalan remaja, sosialisasi UU Korupsi, UU lalulintas dll. Mahasiswa akan didampingi oleh 11 dosen, yang akan beradai di setiapak kelurahan dan penghulu untuk memberikan penilaian untuk mahasiwa, dan mahasiswa akan mendapatkan sertifikat dan ini salah satu syarat untuk mendaftar ujian skripsi.

Luaran atau tujuan dari kegiatakan KBM ini adalah kesadaran hukum masyarakat kecamatan Tualang semakin meningkat, dan semangata kebhinekaan dalam NKRI semakin baik. " Saya berpesan untuk mahasiswa untuk  menyesuaikan diri dengan keadaan masyarakat Tualang yang religius dan menjunjung adat istiadat. "Terimakasih kepada Camat Tualang dan Forkompinda Tualang yang telah menerima mahasiswa Unilak."

Berita Lainnya

index