Keluar Penjara, Eks Gubernur Riau Minta Kadis PU Perbaiki Jalan 'Sakaratul Maut'

Keluar Penjara, Eks Gubernur Riau Minta Kadis PU Perbaiki Jalan 'Sakaratul Maut'
Foto: Eks Gubernur Riau Rusli Zainal

Riauaktual.com - Jalan rusak yang dijuluki jalan 'sakaratul maut' di Desa Igal Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir mengalami rusak parah. Mantan Gubernur Riau, Rusli Zainal periode 2003-2013 yang baru bebas dari penjara langsung mengomentari jalan di kampung halamannya itu.

Rusli mengaku langsung menghubungi Kepala Dinas PU Pemkab Kampar, Umar. Dia berharap Pemkab Inhil memperbaiki jalan yang pernah dibangunnya saat itu. Rusli Zainal juga mantan Bupati Inhil periode 1999-2003.

Saat ditemui Riauaktual.com, Rusli mengaku prihatin melihat 'Jalan Sakaratul Maut' di daerah tempat ia dilahirkan.

"Itu Mandah kampung saya. Saya sampai rumah pagi tadi, baca berita jalan di Mandah yang rusak, saya telfon Kadis PU Inhil, Pak Umar agar jalan itu diperbaiki," kata Rusli Zainal, di kediamannya Perumahan Nirvana, Jalan Soekarno Hatta Kota Pekanbaru, Kamis (21/7).

Rusli mengaku prihatin dengan kondisi jalan tersebut. Sebab, dia pernah merasakan membangun jalan itu. Jalan itu dahulunya dibangun oleh Pemerintah Provinsi Riau di masa Rusli.

"Dulu itu kita bangun, sekarang kondisinya memprihatinkan. Kalau mikir kewenangan kelamaan, masyarakat nanti kasihan," ucap Rusli.

Viral Video Jalan "Sakaratul Maut" di Kampung Eks Gubernur Riau Rusli Zainal

Sebelumnya, Jalanan di Desa Igal Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir menjadi viral di media sosial usai video yang diunggah pengendara melintasi jalan ekstrim itu. 

Daerah tersebut merupakan kampung Rusli Zainal, mantan Gubernur Riau 2 periode dan juga mantan Bupati Indragiri Hilir 1 periode. Rusli Zainal lahir dan besar di Kecamatan Mandah itu kini mendekam di balik jeruji sel Lapas klas II A Pekanbaru.

Dalam video pengendara menyebutkan, dia menjuluki jalan itu sebagai 'Jalan Sakaratul Maut'. Sebab, jika terselip sedikit saja, maka akan jatuh ke rawa yang dipenuhi air gambut. Daerah Kabupaten Indragiri Hilir memang dikenal dengan sebutan negeri seribu parit dan seribu jembatan. Sebab, daerah itu didominasi tanah rawa dan gambut.

Video berdurasi 34 detik yang viral itu diterima merdeka.com Selasa (19/7). Terlihat jalan seperti jembatan dicor namun sejumlah lobang menganga. Jalan itu menghubungkan sejumlah desa di Kecamatan Mandah, Indragiri Hilir atau tepatnya di Desa Igal.

Di jalan yang hanya bisa dilalui sepeda motor itu, terlihat banyak lubang berukuran besar. Bahkan lubang-lubang telah ditimpa batang pohon yang bagian atasnya telah dibuat jembatan baru dari papan seadanya.

"Ampun gais, jalan sakaratul maut ini gais. Jalan penyambung antar desa gais, salah langkah langsung beda alam," ucap seorang wanita yang mengendarai sepeda motor.

Wanita itu mengaku banyak berdoa saat lewat jalan tersebut. Sebab, kondisi jalan sangat berbahaya. Dia khawatir meninggal dunia jika terjatuh dari jalan ke dalam rawa yang dipenuhi air berwarna hitam.

"Jalan di tepi-tepi aja. Kalau salah jalan langsung pindah alam gais," kata wanita itu sambil melanjutkan perjalanan.

Terpisah, Kapolsek Mandah AKP Hendri Berson membenarkan video tersebut berada di Desa Igal. Hendri mengatakan, kondisi jalan rusak sudah lama terjadi.

"Jalan itu memang sudah lama Kondisinya begitu, itu di Desa Igal. Belum ada laporan orang jatug, tapi kalau jalan rusak betul begitu," ujar Hendri saat dihubungi.

Bahkan, Hendri sendiri mengaku pernah melintasi di jalan tersebut. Dia menggambarkan, kondisi jalanan itu mengalamai kerusakan parah sekitar puluhan meter.

"Kemarin anggota kami ke sana. Benar begitu (jalan rusak parah), itu jalan desa menuju antara desa. Belum ada laporan jatuh, bisa jadi karena masyarakat sudah biasa," jelas Hendri.

Berita Lainnya

View All