Berbekal Investigasi

Komunitas Pecinta Satwa Berhasil Evakuasi 6 Ekor Anjing dari Rumah Jagal

Komunitas Pecinta Satwa Berhasil Evakuasi 6 Ekor Anjing dari Rumah Jagal

Riauaktual.com - Sebanyak enam ekor anjing berhasil dievakuasi Komunitas Pecinta Satwa di rumah penjagalan anjing, Jalan Gotong Royong, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Jumat (15/7/2022) malam.

Informasi yang didapat Riauaktual.com melalui komunitas Animals Hope Shelter Gunung Sindur, Christian Joshua. Hewan yang akan dijadikan santapan ini berhasil diselamatkan berkat investigasi anggota komunitas Pekanbaru Dog Lover. 

"Investigasi ini dilakukan sejak bulan April. Ini merupakan salah satu rumah jagal anjing terbesar di kota Pekanbaru yang berada sangat dekat dengan pemukiman penduduk," terangnya, Sabtu (16/7). 

Dari investigasi yang dilakukan, pihaknya mendapat informasi bahwa puluhan ekor anjing yang berada di rumah jagal hewan ini berasal dari wilayah Sumatera Barat, bahkan didapat dengan harga murah. 

Setelah mendapatkan data dan bukti, dikatakan Joshua, pihaknya didampingi kepolisian segera mendatangi lokasi dan sempat terjadi perdebatan dengan keluarga dari pemilik rumah jagal tersebut. 

"Saat tiba di lokasi, kita hanya menemukan enam ekor anjing yang tersisa. Diduga anjing lainnya sudah dijual mereka," ungkapnya.

"Semua anjing yang kami selamatkan itu dalam kondisi terluka. Dilihat dari lukanya, kami menduga anjing-anjing itu merupakan korban penculikan yang dilakukan dengan cara dijerat," jelasnya. 

Selanjutnya, anjing-anjing yang telah dievakuasi segera dibawa ke klinik hewan untuk mendapat pengobatan.

Joshua mengatakan pihaknya akan menempuh jalur hukum. Diduga akan dikenakan pasal 55 ayat 1 jo pasal 47 ayat 5 Undang-undang Republik Indonesia nomor 41 tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 18 tahun 2009 Tentang peternakan dan kesehatan hewan atau pasal 302 KUHP. 

"Kita akan bawa ke jalur hukum," pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index