Idul Adha Sampah Menumpuk, Diduga Dibuang dari Kabupaten Tetangga

Idul Adha Sampah Menumpuk, Diduga Dibuang dari Kabupaten Tetangga
Pj Walikota Pekanbaru Muflihun

Riauaktual.com - Tumpukan sampah kembali terlihat di beberapa titik di Kota Pekanbaru saat momen Hari Raya Idul Adha 1443. Ada peningkatan sampah yang dihasilkan saat momen hari besar ini. 

Kondisi ini tidak dipungkiri Pj Walikota Pekanbaru Muflihun. Ia tidak menampik adanya tumpukan sampah di beberapa ruas jalan saat momen Idul Adha. Ia menyebut salah satu penyebab terjadinya tumpukan akibat petugas kebersihan yang tidak bertugas. 

"Ya semalam memang ketika hari raya sedikit memang (ada sampah) ini lah. Karena memang banyak penyapu jalan, petugas kebersihan itu tidak masuk," ujar Muflihun, Selasa (12/7/2022). 

Menurutnya, beberapa petugas kebersihan turut merayakan Hari Raya Idul Adha saat itu. Sebagian dari mereka tidak bekerja. Dirinya pun memaklumi kondisi ini. 

Ia mengaku, kondisi itu tidak berlangsung lama. Pemerintah kota melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru segera mengangkut tumpukan sampah yang ada. 

"Dan biasa itu, setiap hari raya itu sampah berserakan. Tapi hari ini sudah mulai normal kembali," ulasnya. 

Ada dugaan sampah yang menumpuk di beberapa titik tidak hanya berasal dari Kota Pekanbaru saja. Ada oknum yang membuang sampah dari kabupaten tetangga di lokasi perbatasan Pekanbaru. 

"Di perbatasan (Kota Pekanbaru) memang pernah kami cek, kami tunggu itu memang dari tetangga (buang sampah) pakai angkutan mandiri, memang ada," jelas Muflihun. 

Menurutnya, kondisi itu dikarenakan perumahan yang ada di kabupaten lain berbatasan langsung dengan Kota Pekanbaru. Sehingga mereka membuang pada wilayah pinggiran Kota Pekanbaru. 

"Saya rasa bukan ada niat ingin membuang ke Kota Pekanbaru, tapi itu hanya mungkin posisi bertetangga. Namun kita akan tetap imbau kepada RT/RW untuk melakukan pengawasan melekat," pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index