Hadiri Launching Buku dan Diskusi di PWI Bengkalis

Ketua PWI Riau : Saya Sangat Bangga, Ada Wartawan PWI Bisa Jadi Pejabat Publik

Ketua PWI Riau : Saya Sangat Bangga, Ada Wartawan PWI Bisa Jadi Pejabat Publik

Riauaktual.com - Jelang Konferensi Provinsi (Konferprov) XV PWI Riau di Negeri Junjungan, Kabupaten Bengkalis, PWI Kabupaten Bengkalis menggelar Launching Buku dan Diskusi Buku di halaman Gedung PWI Kabupaten Bengkalis, Jalan Hasanuddin, Rabu (22/6/2022) pagi.

Agenda selingan jelang Konferprov XV PWI Riau itu dihadiri Ketua PWI Riau H. Zulmansyah Sekedang, yang juga Komisaris di Riau Televisi (RTv). Selain itu, launching yang pertama sekali diselenggarakan PWI kabupaten/kota se-Riau itu, mendapat apresiasi dari Wakil Bupati Bengkalis H. Bagus Santoso.

Dalam kegiatan itu, Zulmansyah Sekedang memberikan pujian hebat kepada Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso dan bersama penulis lainnya yang telah berhasil mengharumkan nama PWI di Provinsi Riau.

“Hal-hal seperti perlu kita jadikan contoh, karena ini adalah karya yang sangat baik serta bermanfaat bagi masyarakat untuk menambah wawasan dan pengetahuan, saya sebagai Ketua PWI Provinsi Riau sangat Bangga kepada Wakil Bupati Bengkalis, karna atas kesibukan beliau mengurus birokrasi, namun beliau juga sempat menulis dengan berjiwa jurnarlistik,”  kata Zulmansyah.

Bang Zom panggilan akrabnya dikalangan pers Riau ini mengutarakan, saat ini jumlah media di Riau berjumlah hampir sekitar 1.000 lebih. Begitu juga jumlah anggota PWI Riau dari kabupaten/kota, yang jumlahnya mencapai 600 anggota, yang aktif sekitar kurang lebih 500 orang wartawan.

Di PWI Riau sendiri, sambungnya, hal-hal semacam penerbitan buku dan penulisan buku merupakan rangkaian kegiatan biasa. Setiap wartawan, selain dituntut menulis berita, juga harus mampu melahirkan sebuah karya, yaitu menulis buku atau menerbitkan buku. Sebab, melalui menulis buku, secara tidak langsung sudah menjadi bagian dari amal ibadah, sehingga buku tersebut bermanfaat bagi orang banyak.

Dibagian lain, Wakil Bupati Bengkalis H. Bagus Santoso berharap melalui kegiatan launching atau peluncuran buku serentak ini, menjadi penyemangat para jurnalistik supaya terus berkarya. Sehingga melahirkan bibit penulis hebat di Kabupaten Bengkalis.

Ada tiga orang anggota PWI Bengkalis Launching serentak buku karya diantaranya H. Bagus Santoso (anggota aktif PWI Riau), Sukardi dan Budi Prayetno, anggota PWI Kabupaten Bengkalis.
Bagus Santoso yang juga menjabat Wakil Bupati Bengkalis melaunching 5 buku karya besarnya yaitu, Dinamika Politik Riau, XYZ Writing, Mahar Politik dan Kontestasi, Penangkal Demokrasi Kriminal dan Layar Ramadhan.

Sedangkan Sukardi, meluncurkan buku dengan judul Kami Bukan Malaikat Pers Hebat, Pers Cinta Damai. Selanjutnya Budi Prayetno dengan Buku Rintihan Gadis yang Terbuang.

“Insya Allah kegiatan pelucurun buku serentak ini akan menjadi jalan pembuka bagi kantor PWI lainnya yang ada di wilayah Provinsi Riau untuk bersinergi dan menyatu, menelorkan leterasi buku yang di mulai dari PWI Bengkalis hari ini. Kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis sangat mengapresiasi kepada PWI Bengkalis telah mengadakan kegiatan ini, teruslah bersinergi dan berkolaborasi membangun Kabupaten Bengkalis Bermasa,”kata Bagus Santoso.

Bagus mengatakan, keberadaan wartawan sangat strategis, tetapi menjadi wartawan tidaklah mudah segampang yang dilihat, jadi para wartawan harus terus menigkatkan literasi menulis, jadilah penulis yang hebat dan handal selalu menyajikan informasi yang sehat dan kondusif.

“Jadilah seperti wartawan Abu Bakar, yang selalu bersinergi, berkolaborasi yang mencari sumber-sumber fakta dan menerbitkan berita karena hati nurani bukan sebuah fitnah atau bohong, jadi itu yang harus dimiliki pada jiwa PWI Bengkalis. Dan jangan menjadi wartawan  Abu Jahal yang menyebarkan sebaliknya,”tutur Bagus.

Kemudian Bagus menyampaikan, cara-cara kinerja, yang dibuat dicontohkan dan diteladani PWI Bengkalis ini, maka wartawan-wartawan lain juga akan ikut bersama-sama. Zaman akan mengatakan bahwa siapapun yang berprestasi dengan karyanya dia akan bertahankan dan hidup, tetapi kalau wartawan musiman, hanya mengejar beberapa kali mendapatkan penghasilaan, maka ia akan mati sendiri.

“Saya berharap kerjasama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Bengkalis dan PWI Bengkalis hari ini terus dijaga. Mari bekerjasama, berkolaborasi dan bersinergi guna menciptakan kondusif, bahwa bangunan di Bengkalis itu akan hebat, pembangunan Bengkalis akan terwujud Bermawah, Maju dan Sejahterah,”ajak Wakil Bupati Bengkalis.

Selama kegiatan, tampak hadir sejumlah undangan khusus, Sekretaris Kominfotik Bengkalis Adi Sutrisno, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bengkalis Suwarto, Ketua DPH LAM-R Bengkalis Datuk Seri H Sofyan Said, para perwakilan dari Parpol, Bawaslu Bengkalis, Perguruan Tinggi Bengkalis, mahasiswa serta penerbit buku bersama tamu udangan lainnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index