Alumnus Perguruan Tinggi Diminta Aktif Merajut Kembali Persatuan

Alumnus Perguruan Tinggi Diminta Aktif Merajut Kembali Persatuan

Riauaktual.com - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat berharap Alumnus Perguruan Tinggi ikut aktif merajut kembali persatuan dan kesatuan bangsa untuk mengikis polarisasi di tengah masyarakat, demi memperkokoh keindonesiaan kita. Pasalnya rekonsiliasi pascakontestasi politik 2019 lalu, terkendala oleh pandemi COVID-19. 

"Sekarang kondisi sudah membaik, kita berharap upaya merajut kembali nilai-nilai kebangsaan kita dilanjutkan untuk menjawab tantangan di depan," kata Lestari Moerdijat dalam Sosialisasi Empat Konsensus Kebangsaan di Gedung Nusantara IV, Gedung DPR/MPR Jakarta, Sabtu (11/6/2022).

Sosialisasi bertema Reinvensi Keindonesiaan Kita, Kepemimpinan, ke-Indonesia-an, dan Patriotisme dalam Indonesia pascapandemi, bekerja sama dengan Ikatan Alumni Universitas Indonesia.

Lestari berharap, para alumnus perguruan tinggi bisa menjadi motor penggerak bagi bangsa ini agar pemahaman anak bangsa terkait nilai-nilai kebangsaan dalam empat konsensus kebangsaan, terus ditingkatkan.

"Karena, ke-Indonesia-an kita terus dapat ditegakkan  jika kita menempatkan kepentingan bangsa menjadi yang utama, " ujarnya.

Upaya memperkokoh fondasi kebangsaan lewat meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, tambah Rerie, harus konsisten dilakukan. Apalagi, ragam krisis yang terjadi akibat perubahan politik dan ekonomi dunia saat ini juga menciptakan tantangan dan ancaman yang tak hanya menyasar ideologi berbangsa tetapi juga relasi sosial antar masyarakat.

"Para alumnus perguruan tinggi di tanah air diharapkan bisa mengambil peran dalam kapasitasnya sebagai anak bangsa untuk melanjutkan roda pembangunan, sekaligus terus merajut keindonesiaan kita, " katanya.

#DPR/MPR RI

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index