Habis Olahraga Langsung Mandi, Amankah?

Habis Olahraga Langsung Mandi, Amankah?
Ilustrasi mandi. Shutterstock/Glaze Image

Riauaktual.com - Olahraga bagi beberapa orang menjadi kegiatan yang menyegarkan, badan bergerak aktif apalagi jika di bawah sinar matahari. Bagi beberapa orang lagi mungkin olahraga justru menjadi kegiatan yang hanya bikin lelah, badan pegel, dan bau.

Termasuk ke dalam golongan apa pun Anda, olahraga akan selalu membuat tubuh sangat berkeringat dan tentu, bau. Kalau sudah begini, mandi pasti akan sangat menyegarkan dan bisa kembali mengisi tenaga setelah olahraga.

Namun, ada anggapan luas kalau langsung mandi setelah olahraga justru sangat tidak disarankan. Mandi langsung setelah berolahraga diyakini malah akan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh.

Tapi, apakah anggapan benar? Atau apakah mandi setelah olahraga aman? Simak penjelasannya berikut ini!

Mengenal Recovery Shower

Badan yang berkeringat dan napas yang ngos-ngosan setelah olahraga tentu rasanya klop kalau kemudian diguyur air. Mandi setelah olahraga ini juga disebut recovery shower.

Tidak seperti yang sering dikatakan, mandi setelah olahraga tidak akan menimbulkan bahaya bagi tubuh. Justru, sangat direkomendasikan.

Jelas, mandi setelah berolahraga akan menghilangkan bau saat sesi olahraga. Mandi juga membantu membersihkan bakteri, sekaligus mencegah terbentuknya jerawat.

Jerawat terbentuk dari pori-pori yang tersumbat. Nah ketika berolahraga, pori-pori terbuka lebar untuk mengeluarkan keringat.

Pori-pori yang terbuka ini memudahkan sel kulit mati, bakteri, dan zat asing lain untuk masuk dan menyumbat sehingga menyebabkan jerawat di wajah bahkan badan.

Dilansir dari Healthline, mandi setelah olahraga membantu otot-otot yang kelelahan untuk kembali bangkit dengan mengurangi jumlah asam laktat pada otot. Asam laktat biasanya dihasilkan dari aktivitas fisik yang berat dan intens, seperti berolahraga.

Selain itu, mandi juga membantu menurunkan detak jantung yang berpacu kencang setelah olahraga. Dengan begitu, sirkulasi peredaran darah tubuh bisa kembali normal dan dalam kondisi optimal untuk dilanjutkan dengan aktivitas lainnya.

Jadi, Langsung Mandi Aman-Aman Saja?

Nah meskipun tidak ada bahaya, ada jarak waktu yang dianjurkan untuk mandi setelah olahraga. Mandi langsung setelah olahraga saat badan masih basah oleh keringat mungkin bukan pilihan terbaik. 

Menurut Kristin Maynes P.T., D.P.T. dilansir dari Shape, langsung mandi setelah olahraga mungkin lebih berguna untuk mereka yang mengalami cidera akut setelah olahraga.

Ariel Belgrave, seorang pelatih kesehatan wanita dilansir dari Well and Good menyarankan meluangkan waktu 20 menit setelah olahraga sebelum akhirnya mandi. Tubuh juga membutuhkan waktu untuk istirahat setelah aktivitas fisik yang berat.

Selama waktu 20 menit ini Anda bisa olahraga pendinginan dengan gerakan yang lebih ringan agar otot tidak langsung ‘kaget’ ketika melanjutkan aktivitas yang lebih santai yang tidak butuh banyak kerja otot yang tinggi.

Air Dingin Atau Air Panas?

Mandi dengan air panas, atau lebih tepatnya air hangat mungkin disarankan. Tetapi sebenarnya tidak ada studi yang membuktikan bahwa mandi dengan air hangat lebih baik daripada air dingin setelah berolahraga.

Mandi dengan air dingin menjadi pilihan yang lebih baik untuk menyegarkan tubuh sehabis berolahraga. Tetapi, air dingin yang dimaksud tetap bukan air dengan suhu pegunungan, melainkan air biasa.

Untuk hasil yang optimal, Anda bisa mulai mandi dengan air yang suam-suam kuku—tidak terlalu dingin dan tidak terlalu hangat. Kemudian di penghujung mandi, Anda bisa menggunakan air dingin.

Ini tentu bukan pedoman khusus. Anda bisa mandi dengan air dingin sepenuhnya tanpa mengganti-ganti suhu air dan tetap tidak akan membawa bahaya bagi tubuh. Yang jelas, berikan waktu cukup bagi otot untuk beristirahat dan hindari mandi dengan suhu yang ekstrem!

 

 

Sumber: Merdeka.com

Berita Lainnya

View All