Berikut Tips Kembalikan Berat Badan ke Angka Ideal usai Libur Lebaran

Berikut Tips Kembalikan Berat Badan ke Angka Ideal usai Libur Lebaran
Ilustrasi diet. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/Boris Ryaposov

Riauaktual.com - Setelah menuntaskan puasa Ramadan dan merayakan Lebaran, biasanya terdapat perubahan yang dialami oleh seseorang. Hal ini termasuk dengan berat badan yang dimilikinya.

Untuk mengembalikan berat badan ke angka yang ideal, ahli gizi dari Rumah Sakit Siloam Dr. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK menyarankan untuk kembali membiasakan diri melakukan kebiasaan makan yang lama.

"Yang pertama adalah harus mengembalikan ke habit yang lama. Timbang dulu. Kan kita perlu tahu, berapa sih hasil yang kita capai dengan adanya puasa dan makanan yang kita nikmati selama Lebaran," kata Inge beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

"Jadi timbang dulu. Terus lihat kita nih sekarang posisinya ada di mana? Tambah kurus atau tambah gemuk? Setelah itu kita harus memiliki target. Kalau misalnya mau ngegemukin, berarti apa yang harus dilakukan? Kalau mau menguruskan juga sama," lanjutnya.

Cara Menurunkan dan Meningkatkan Berat Badan

Inge menjelaskan, jika mengalami penurunan berat badan dan ingin menaikkan ke angka yang lebih ideal, Anda dapat mengonsumsi makanan-makanan yang sehat. Namun jika ingin menurunkan berat badan, Anda dapat mengurangi porsi dari kebiasaan sebelumnya.

"Kalau mau ngegemukin ya lebih gampang. Kita tinggal pilih makanan-makanan yang sehat dan olahraga. Pasti deh akan kembali ke berat badan ideal kita. Tapi kalau mau kurus, itu tentu harus ada yang kita atur. Jadi makanan yang kita makan itu harus dikurangi dari kebiasaan yang telah kita nikmati selama satu minggu ini," jelasnya.

Baik untuk menurunkan atau meningkatkan berat badan, Inge menyarankan agar kita tetap meluangkan waktu untuk berolahraga. Untuk membentuk tubuh yang ideal, berolahraga dan memiliki pola makan yang tepat merupakan hal yang penting. 

Berita Lainnya

View All