Ratusan Pengungsi Rohingya Bakal Dipindahkan ke Pekanbaru Mulai Pekan Depan

Ratusan Pengungsi Rohingya Bakal Dipindahkan ke Pekanbaru Mulai Pekan Depan
Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian (istimewa)

Riauaktual.com - Proses pemindahan pengungsi Rohingya dari Aceh ke Kota Pekanbaru bakal berlangsung bulan ini. Proses pemindahan ini masih jadi bahasan Tim Penanganan Pengungsi Luar Negeri (PPLN).

Dari data yang dihimpun, ada ratusan pengungsi etnis Rohingnya yang bakal tinggal sementara di Kota Pekanbaru. Jumlahnya mencapai 131 orang pengungsi bakal pindah ke Pekanbaru. 

"Untuk pemindahan pengungsi direncanakan berlangsung pada Mei ini," ujar Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian, Kamis (12/5/2022). 

Zulfahmi menyebut, tim PPLN di Kota Pekanbaru pun mempersiapkan kelengkapan administrasi. Mereka juga menyiapkan akomodasi bagi para pengungsi tersebut.

Tim PPLN juga berkordinasi dengan aparat keamanan terkait pemindahan para pengungsi tersebut. Mereka juga menanti petunjuk dari pemerintah pusat terkait pemindahan pengungsi dari Aceh ke Kota Pekanbaru.

"Kita menunggu atensi dari pemerintah pusat terkait pemindahan ini, agar tidak ada kendala nantinya," paparnya.

Selain itu Tim PPLN juga menyiapkan akomodasi bagi para pengungsi. Lokasi akomodasi tersebut berbeda dengan akomodasi pengungsi saat ini.

"Kita bakal siapkan akomodasi baru, untuk penempatan pengungsi," terangnya. 

Pemko Pekanbaru, bakal menempatkan pengungsi Rohingya di sejumlah tempat penampungan di wilayah Kecamatan Bukit Raya. Ada 4 lokasi penampungan yang disiapkan. 

"Kemungkinan minggu depan sudah bisa dilakukan pergeseran dari Aceh ke Pekanbaru," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index