Musim Kemarau, DPRD Pekanbaru Minta Damkar Siaga

Musim Kemarau, DPRD Pekanbaru Minta Damkar Siaga
Anggota Komisi IV DPRD Robin Eduar

Riauaktual.com - Anggota Komisi IV DPRD Robin Eduar meminta Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) dan BPBD Kota Pekanbaru agar tetap siaga dan waspada dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Hal ini guna mencegah dan mengantisipasi terjadinya karhutla di Kota Pekanbaru.

"Saat ini cuaca lagi luar biasa ekstrem panasnya. Kita harapkan petugas-petugas dan personil dari Damkar hingga BPBD ini harus stand by dan siaga mengantisipasi munculnya titik-titik api," kata Robin, Kamis (7/4/2022).

Robin mendorong DPKP dan BPBD Kota Pekanbaru untuk memperhatikan alat kelengkapan personel di lapangan dalam memadamkan api. Seperti mesin pompa air portable yang bisa digunakan dalam penanganan karhutla.

"Peralatan itu harus dilengkapi. Terutama alat pemadam portable itu supaya bisa diangkat kemana-mana untuk memadamkan api," ujarnya.

Robin mengimbau masyarakat agar tidak membakar lahan sembarangan mengingat saat ini musim kemarau sedang berlangsung.

"Kita imbau agar masyarakat yang ingin membuka lahan itu jangan dibakar karena nanti akan menimbulkan asap lagi," tegasnya.

Politisi PDI Perjuangan ini juga mengapresiasi peran BPBD, DPKP hingga personil TNI Polri yang telah berjibaku turun langsung memadamkan kebakaran lahan dan hutan yang ada di Riau.

"Penanganan karhutla ini sudah cukup baik karena beberapa tahun ini sudah tidak ada asap lagi. Tapi antisipasi karhutla itu juga sangat diperlukan seperti memasang spanduk berupa imbauan jangan membakar hutan. Itu kan salah satu bentuk sosialisasi kepada masyarakat dalam mencegah karhutla," pungkasnya. 

Berita Lainnya

View All