DPRD Pekanbaru Usulkan Kartu Khusus Untuk Beli Solar

DPRD Pekanbaru Usulkan Kartu Khusus Untuk Beli Solar
Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ir Nofrizal MM

Riauaktual.com - Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ir Nofrizal MM menyarankan pemerintah untuk membuat kartu khusus bagi pengguna BBM jenis solar. Hal ini dinilai sebagai solusi untuk mengatasi kelangkaan solar.

"Saya kira yang paling cocok itu diberikan semacam kartu penggunaan solar. Jadi ketika punya kartu, dia bisa beli solar. Kalau semua masyarakat itu beli solar, ya repot jadinya. Maka dari itu, dibutuhkan kartu khusus penggunaan solar," kata Nofrizal, Selasa (5/4/2022).

Menurut Nofrizal, dengan adanya kartu penggunaan solar ini otomatis ketersediaan BBM jenis biosolar akan jauh lebih tepat sasaran dan penyalahgunaan solar bersubsidi bisa diminimalisir.

"Jadi angkutan barang, angkutan penumpang maupun angkutan toko lainnya itu bisa didaftarkan pakai legalitas. Misalkan angkutan barang itu kan ada PO, angkutan penumpang ada KIR," terangnya.

Politisi PAN ini juga menilai, pemerintah beserta pihak terkait harus segera mengambil langkah yang konkret untuk mengatasi kelangkaan solar tersebut. Sebab, kelangkaan solar ini menimbulkan gejolak bagi masyarakat hingga berdampak pada kenaikan harga kebutuhan pokok.

"Kalau pemerintah mengumumkan akan ada kartu penggunaan solar itu saya rasa sebentar saja dan tidak sulitlah. Nah, jadi nanti mobil pribadi itu tidak bisa memakai solar subsidi. Harus beralih, misalkan beralih ke Dexlite," pungkasnya.

Berita Lainnya

index