Jelang Hari Raya Nyepi, Umat Hindu di Pekanbaru Gelar Pawai Obor Tanpa Ogoh-ogoh

Jelang Hari Raya Nyepi, Umat Hindu di Pekanbaru Gelar Pawai Obor Tanpa Ogoh-ogoh
Umat Hindu di Pekanbaru melaksanakan upacara Tawur Agung Kesanga di Pura Agung Jagat Natha Jalan Rawa Mulya, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, Rabu

Riauaktual.com - Sehari menjelang Hari Raya Nyepi 1944 Caka, Umat Hindu di Pekanbaru melaksanakan upacara Tawur Agung Kesanga di Pura Agung Jagat Natha Jalan Rawa Mulya, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, Rabu (2/3/2022). Ratusan umat Hindu mengikuti ritual tersebut dengan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Ini merupakan tahun ketiga kita meniadakan pawai ogoh-ogoh karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, kata Wakil Ketua Pengurus Pura Agung Jagat Natha, Nengah Tantra, Rabu (2/3/2022).

"Rangkaiannya tetap dengan prokes hanya pawai ogoh-ogohnya saja yang ditiadakan dan diganti dengan pawai obor," ujarnya.

Kegiatannya dimulai pada pukul 15.00 WIB. Karena masih dalam suasana pandemi, peserta upacara ini hanya diikuti 100 umat Hindu di Pekanbaru dan sekitarnya.

"Kita mengawali kegiatan dengan ritual Mecaru atau mensucikan alam semesta dan kemudian dilanjutkan dengan pawai obor mengelilingi sekitaran pura saja," jelas Nengah Tantra.

Usai maghrib, akan dilanjutkan dengan kegiatan sembahyang yang merupakan acara puncak jelang hari raya Nyepi, tambahnya.

"Dalam kegiatan ini, kita berharap agar pandemi Covid-19 cepat berlalu dan masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa", harapnya. (Wahyudi)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index