Ini Hasil Penelurusan BBKSDA Riau Terkait Foto Viral Satu Keluarga Yang Berselfi Dengan Beruang

Ini Hasil Penelurusan BBKSDA Riau Terkait Foto Viral Satu Keluarga Yang Berselfi Dengan Beruang
Bagian tubuh Beruang yang disimpan JSR

Riauaktual.com - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau melakukan penelurusan terkait foto keluarga yang tengah berselfie dengan seekor satwa dilindungi jenis beruang madu yang viral di media sosial. 

Foto tersebut diunggah pemilik akun bernama Johanes Siringo pada 24 Februari 2022 lalu.

"Setelah mendapat laporan dari masyarakat, kami langsung menurunkan tim untuk menindak lanjuti laporan tersebut," kata kepala Bidang Teknis BBKSDA Riau, Mahfud, Minggu (27/2/2022).

Mahfud juga menyebut, awalnya dilakukan penelusuran di Kecamatan Kandis sesuai dengan alamat yang tertulis di media sosial, namun tim mendapat informasi bahwa yang bersangkutan telah pindah ke Desa Kasang Padang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu.

"Sesampainya kita disana yang bersangkutan JSR ketakutan dan sudah tidak berada dirumah. Disana tim hanya menjumpai orang tua dan istri JSR, untuk diminta keterangan" jelasnya.

Dari hasil keterangan yang didapat, bahwa JSR menemukan beruang madu yang telah mati dalam kondisi terjerat saat sedang panen di kebun sawit milik orang lain. Ia kemudian membawa bangkai beruang madu tersebut kerumah orang tuanya dengan menggunakan sepeda motor.

"Istri JSR dan keluarga lain tidak mengetahui bahwa satwa tersebut dilindungi. Kemudian mereka berfoto didekat satwa lalu mempostingnya di media sosial," kata Mahfud..

Karena kondisi satwa mulai membusuk, JSR mengambil bagian tubuh beruang, mulai dari kuku, taring dan empedu untuk disimpan. Sementara bangkai beruang dibuang ke sungai Rokan yang berjarak sekitar 4 Km dari rumahnya.

"Tim sudah menyita bagian tubuh satwa yang disimpan JSR serta memberikan pembinaan dan sosialisasi tentang satwa dilindungi kepada keluarga tersebut. Istri JSR membuat serta menandatangani surat pernyataan untuk tidak mengulangi hal serupa," pungkasnya.
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index