Asuransi Mobil Terbaik Begini Cara Kerjanya

Asuransi Mobil Terbaik Begini Cara Kerjanya

Riauaktual.com - Seiring berkembangnya masyarakat modern perkotaan, mobil agaknya menjadi salah satu hal wajib yang dimiliki. Kendaraan roda empat ini bukan saja menjalankan fungsi transportasi tetapi juga menaikan prestise gengsi pemiliknya. Sehingga mobil juga biasa dijadikan sebagai hiasan dengan memajangnya di garasi.

Tidak mengherankan, pemilik biasanya sangat takut jika bodi mobilnya mengalami goresan. Menggunakan asuransi mobil terbaik merupakan salah satu cara merawat keawetan kendaraan ini. Asuransi akan memberikan segudang proteksi yang dapat menjawab semua kebutuhan Anda akan perawatan kendaraan ini.

Skema Asuransi Mobil

Nasabah yang ikut serta dalam mengasuransikan kendaraannya, akan membayarkan sejumlah uang kepada perusahaan penyedia jasa asuransi. Nominal ini disebut sebagai pembayaran premi. Pembayaran biasanya dapat dilakukan melalui agen tempat kita mendaftar, atau langsung menuju kantor asuransi mobil yang bersangkutan.

Premi-premi dari para nasabah selanjutnya akan dihimpun oleh perusahaan asuransi. Dana tersebut akan diolah sedemikian rupa oleh pengelola dana. Biasanya asuransi mobil terbaik akan membaginya ke beberapa pos-pos, yang sebagian juga diinvestasikan. Investasi ini bermanfaat untuk memutar uang kembali agar memaksimalkan keuntungan.

Uang tersebut nantinya akan disalurkan kepada para pemegang polis yang membutuhkan. Baik untuk mengganti spare part mobil mereka yang rusak, atau memberi tanggungan bagi pengendara yang ditabrak oleh para pemegang polis. Asuransi akan mengcover segera kerusakan yang ada secara gratis.

Pentingnya Asuransi

Meski terdengar sepele, namun sebenarnya asuransi mobil terbaik sangat penting artinya dalam perawatan kendaraan. Berikut ini peranannya:

  • Penggantian Biaya Kecelakaan

Meski banyak orang yang berpendapat, berkendara dengan hati-hati akan meminimalkan terjadinya kecelakaan. Namun kenyataannya tidak semudah itu. Potensi menabrak atau ditabrak tetap ada sepanjang berkendara. Hal ini terutama terjadi di kota-kota besar dengan transportasi yang padat.

Tingginya angka kecelakaan di kota besar membuat peran asuransi mobil terbaik sangat penting. Apalagi banyak ditemukan kasus berkendara tidak hanya dilakukan oleh mereka yang berusia di atas 17tahun. Banyak anak kecil yang telah diizinkan orang tuanya berkendara tanpa pengawasan. Sehingga menambah resiko bahaya di jalan.

  • Ringankan Beban Finansial

Memiliki asuransi mobil dapat membantu meringankan beban finansial pengendara. Perusahaan akan memproteksi kendaraan pemegang polis untuk berbagai kasus-kasus kerugian.

Dari mobil yang rusak sampai hilang pun, mereka dapat mengklaim sejumlah dana asuransi. Sehingga pengendara tidak perlu merogoh kocek dalam untuk memperbaiki kerugian-kerugian tersebut.

Tata Cara Klaim Secara Umum

Untuk Anda yang masih awam bagaimana cara klaim asuransi sesuai prosedur, maka ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Hubungi Perusahaan Asuransi

Jika Anda hendak mengajukan klaim terhadap kerusakan atau pun kehilangan kendaraan, maka segera hubungi perusahaan asuransi. Bisa juga meminta bantuan agen yang menangani pengklaiman untuk memberitahu pihak penyedia jasa asuransi.

  • Membuat Laporan Kehilangan di Kantor Polisi

Untuk kasus kendaraan yang hilang, pengendara wajib harus menyertakan berita acara. Surat ini dapat diambil di kantor polisi lokasi kejadian kehilangan. Berisi keterangan yang dibuat dengan sebenar-benarnya bahwa mobil dicuri atau hilang.

  • Surat Resmi Direktorat Reserse

Jika kendaraan hilang, maka tujuan Anda selanjutnya ialah Direktorat Reserse. Di sini pemilik kendaraan hilang harus mencari surat resmi dari direktorat. Bawalah dokumen seperti:

  1. Fotokopi tanda bukti pembelian kendaraan
  2. Surat pengantar dari pihak asuransi
  3. Surat asli daftar pencarian barang
  4. Fotokopi KTP
  5. Berita acara kehilangan dari Polisi
  6. Fotokopi BPKB
  7. Fotokopi dokumen di TKP

Lengkapi seluruh dokumen tersebut untuk memudahkan proses pengajuan klaim mobil hilang. Jangan sampai Anda melupakan dokumen-dokumen penting yang sudah kami jabarkan di atas agar prosesnya dapat dilakukan dengan mudah dan sesuai dengan prosedur.

  • Dokumen penting lainnya

Setelah surat resmi keluar, serahkan dokumen-dokumen berikut kepada pihak asuransi, yaitu:

  1. Berkas resmi kepolisian mencakup surat dari Direktorat Reserse
  2. Kunci kendaraan asli dan cadangan
  3. KTP tertanggung sesuai nama di STNK
  4. Fotokopi BPKB, STNK, dan faktur pembelian
  5. Polis asli
  6. Kwitansi bermaterai

Untuk proses klaim asuransi mobil terbaik memang diperlukan sejumlah berkas yang harus dipenuhi. Konsultasikan selengkapnya dengan agen asuransi yang menangani polis tersebut. Agen akan membantu pengurusan klaim dengan mudah

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index