Capaian Vaksin Lansia Masih Rendah, Walikota Minta Camat Lurah Turun Tangan

Capaian Vaksin Lansia Masih Rendah, Walikota Minta Camat Lurah Turun Tangan

Riauaktual.com - Walikota Pekanbaru, Firdaus meminta camat dan lurah untuk turun tangan dalam percepatan vaksinasi Covid-19 bagi warga lanjut usia (Lansia). Camat dan lurah diminta untuk melakukan pendataan kembali terhadap warga lansia yang sudah dan belum jalani vaksin. 

Firdaus mengatakan, saat ini capaian vaksinasi bagi kelompok lansia masih dibawah 70 persen. Kondisi ini juga menjadi perhatian oleh pemerintah pusat. Satgas diminta untuk melakukan penuntasan vaksin warga Lansia. 

"Ini yang akan kita lakukan percepatan. Kepada pak rt/rw, camat dan lurah saya minta data-data lansia yang ada di wilayah masing-masing. Pastikan mana yang sudah vaksin dan yang belum," ujar Firdaus, Kamis (17/2/2022). 

Menurutnya, melalui pendaratan yang dilakukan kecamatan dan kelurahan dapat menentukan sasaran penerima vaksin. Satgas bisa datang langsung ke tempat lansia untuk pemberian suntik vaksin. 

Firdaus mengaku, pemerintah kota melakukan layanan vaksin dor to dor bagi warga lansia. Tenaga vaksinasi juga secara khusus akan mendatangi rumah warga Lansia. Sehingga Lansia tidak perlu bersusah payah mendatangi lokasi vaksinasi.

"Tim vaksinasi akan datang langsung ke rumah warga, khusus untuk vaksinasi Lansia. Jadi mereka tidak perlu datang ke lokasi vaksinasi," terangnya.

Ia menyebut, ada beberapa penyebab vaksinasi Lansia belum mencapai target, diantaranya persetujuan dari pihak keluarga maupun komorbit atau penyakit bawaan dari Lansia tersebut.

Maka dari itu, Firdaus mengatakan pihaknya juga akan menyesuaikan jenis vaksin sesuai dengan rekomendasi dokter atas lansia yang akan vaksin. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index