Pemanfaatan Aplikasi Avenza Maps dalam Meningkatkan Kemampuan Navigasi Bagi Pengelola Hutan Adat Ghimbo Pomuan

Pemanfaatan Aplikasi Avenza Maps dalam Meningkatkan Kemampuan Navigasi Bagi Pengelola Hutan Adat Ghimbo Pomuan

Riauaktual.com - Dosen Fakultas Kehutanan Universitas Lancang Kuning melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pengelola Hutan Adat Ghimbo Pomuan, Kampar,  Kamis (6/1/2022). 

Tiga dosen yakni Muhammad Ikhwan S Hut MSi, Hanifah Ikhsani SHut MSi dan Ika Lestari SHut MSi itu memberikan pelatihan Pemanfaatan Avenza Maps kepada masyarakat. Kegiatan itu diikuti belasan peserta. 

Avenza maps merupakan aplikasi geotagging dengan menggunakan fitur GPS atau lokasi yang dapat dijalankan pada smartphone berbasis system operasi Android atau iOS (Defitria et al  2018).

"Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah ketika selesai diinstal, maka jika tidak ada koneksi internet di lapangan aplikasi ini tetap dapat digunakan atau dapat digunakan secara offline," kata Hanifah Ikhsani, Sabtu (8/1/2022). 

Avenza Maps juga membolehkan pengguna mengatur petanya sendiri dalam bentuk PDF. Dalam pelatihan itu, ditekankan mengenai keterampilan Avenza Maps dasar yang perlu diketahui dan dipahami oleh pengelola hutan adat agar mempermudah kegiatan perencanaan dan penyusunan rencana pengelolaan Hutan Adat Ghimbo Pomuan, Kampar Riau. 

"Dengan keterampilan yang dimiliki diharapkan pengelola hutan adat memiliki peningkatan pengetahuan navigasi dan mempermudah kegiatan pengelolaan hutan adat agar dapat dimanfaatkan secara lestari," jelasnya. 

Diharapkan, kata dia, dengan adanya pelatihan ini, ke depan masyarakat pengelola hutan adat ghimbo pomuan dapat menggunakan avenza map sebagai alat dalam dalam menyusun pengelolaan hutan secara tepat dan lestari. "Terutama dalam kegiatan perencanaan," pungkasnya.

Berita Lainnya

View All