Firdaus Larang Pedagang Agus Salim Jualan Diluar Pasar

Firdaus Larang Pedagang Agus Salim Jualan Diluar Pasar
Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT

Riauaktual.com - Wali Kota Pekanbaru Firdaus menegaskan, pedagang di sepanjang Jalan Agus Salim hanya bisa berjualan hingga pukul 08.00 WIB. Setelah itu, para pedagang harus masuk ke tempat penampungan dan tidak dibenarkan berjualan di trotoar jalan. 

"Kalau sampai jam 12 siang tentu tidak bisa. Jadi begini, yang pedagang itu adalah grosir (memberi dagangan ke pedagang lain), mereka berdagang mungkin mulai dini hari jam 1 atau 2 sampai jam 8 pagi. Begitu juga dengan pedagang di Ahmad Yani," ujar Firdaus, Rabu (5/1/2022). 

Setelah itu, tempat pedagang di Jalan Agus Salim akan dibersihkan dan disapu oleh tim kebersihan DLHK Pekanbaru. Sehingga warga dapat melihat kondisi Pekanbaru yang lebih bersih. Pedagang bisa menempati Pasar Inpres dan Pasar Rakyat Agus Salim yang disiapkan sebagai tempat relokasi. 

Dirinya menilai, jika pedagang itu beroperasi hingga jam 12 siang, maka itu bukanlah pedagang grosir lagi, melainkan sudah pedagang pasar pagi.

"Tapi kalau pedagang minta sampai jam 12, itu bukan pedagang grosir lagi, itu sudah pedagang pasar pagi," jelasnya. 

Firdaus menjelaskan, fungsi lokasi Jalan Agus Salim itu dimulai dari dini hari sampai jam 08.00 WIB pagi untuk pedagang grosir. Setelah itu jalan Sudirman-Agus Salim bersih dan dimanfaatkan masyarakat untuk ke pasar pagi.

"Kan pasar paginya ada, jadi gak boleh lagi di luar itu, supaya pasar paginya maksimal, kalau masih ada juga yang berdagang di trotoar itu, wajah kota tak berubah, dan fungsi pasar pagi tak maksimal, akhirnya keluar lagi nanti. Intinya tidak dibenarkan," tegas Firdaus. 

Dirinya menambahkan, bahwa jam 08.00 WIB pagi sampai sore, lokasi tersebut difungsikan untuk pejalan kaki, agar masyarakat ke pasar pagi bisa maksimal. Sore harinya, lokasi itu dijadikan tempat pasar wisata maupun kuliner.

"Sore harinya kita masuk ke pasar wisata malam hari. Beberapa pusat kuliner kita serahkan ke LPM dan pemuda setempat. Jadi 1 kali 24 jam Agus Salim itu dimanfaatkan untuk ekonomi dan juga untuk aktivitas masyarakat," pungkasnya.

#Pedagang Agus Salim

View All

Berita Lainnya

View All