Refleksi Akhir Tahun, Lapas Kelas II B Pasir Pengarain Tingkatkan Zona Intgritas

Refleksi Akhir Tahun, Lapas Kelas II B Pasir Pengarain Tingkatkan Zona Intgritas

Riauaktual.com - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham),Yasonna Laoly, menyampaikan kepada jajaran Kemenkumham, bahwa era pandemi ini memaksa untuk bekerja dan berpikir extra ordinary dengan menerapkan kebiasaan baru. Yaitu pola kerja new normal. Tak ayal, usaha kerja keras tersebut membuat beberapa prestasi Kemenkumham torehkan sepanjang tahun 2021 ini.

“Tujuan kita melakukan transformasi digital untuk merespons cepat situasi kondisi yang muncul akibat dampak Covid-19 ini,” ungkapnya, saat memberikan sambutan pada Refleksi Akhir Tahun 2021 Kemenkumham, Rabu (29/12/2021) yang disaksikan secara virtual Oleh Kalapas Kelas II B Pasir Pengaran beserta jajarannya di Aula Lapas Kelas II B Pasir Pengaraian.

Bahtiar Sitepu selaku Kalapas Kelas II B Pasir Pengaraian mengatakan bahwa hari ini Kemenkumham transformasi digutal sudah merambah ke semua lini.

"Seperti yang disampaikan pak Menkumham Yasonna, bahwa transformasi digital juga merambah ke semua lini pelayanan publik dan administrasi perkantoran di Kemenkumham. Kemenkumham sudah melakukan transformasi digital sepanjang tahun 2021. Bahkan ke semua lini layanan publik dan administrasi perkantoran. Hal itu, sebagai solusi di tengah kondisi yang penuh dengan tantangan akibat pandemi,” kata Kalapas B. Sitepu.

Bahtiar Sitepu menambahkan bahwa Menkumham, Yasonna Laoly, tadi menyampaikan banyak prestasi yang di raih oleh kementrian sehingga tingkat wilayah pun harus demikian kedepannya.

1. Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) 10 kali berturut-turut.

2. 6 Satker Penerima WBBM dan 49 Satker Penerima WBK tahun 2021 oleh Kementerian PAN-RB. 

3. Penghargaan KPK kepada Kemenkumham atas pelaporan dan pengendalian gratifikasi. 

4. Top 25 Inovasi Pos Pengaduan di 50 Denominasi Gereja di Manokwari.

5. Top 45 Penghargaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) atas Layanan SIPKUMHAM dari KemenPAN dan RB.

6. Top 99 Inovasi Layanan Publik Aplikasi VERASI (Verifikasi dan Akreditasi Pemberi Bantuan Hukum Elektronik).

7. TOP Leader On Digital Implementation Atas Penghargaan Top Digital Awards 2021 di Bidang Teknologi Digital (IT & TELCO) Kategori Instansi Pemerintah. 

8. Penghargaan TOP DIGITAL Awards 2021 kepada Kementerian Hukum dan HAM atas Inovasi Layanan Kekayaan Intelektual dan Layanan Pemasyarakatan.

9. Predikat “SANGAT BAIK” pada penerapan Sistem Merit dari Komisi Aparatur Sipil Negara.

10. Predikat Role Model Pelayanan Publik Ramah Kaum Rentan Oleh KemenPAN-RB.

11. Peringkat I Kategori Kementerian/Lembaga Pengelola Jabatan Fungsional Kesehatan Terbaik dalam Kegiatan Pemberian Penghargaan JFK Awards Tingkat Nasional Tahun 2021 oleh Kementerian Kesehatan. 

Bahtiar menilai bahwa program - Program di tahun 2021 yang dilakukan oleh Lapas sudah baik dan kedepan akan di tingkatkan kembali.

"Meski saya baru dilantik menjadi Kalapas disini, namun saya menilai bahwa program - Program lapas baik itu segi pembinaan kepada warga binaan dan hal lainnya sudah cukup baik," katanya.

Dengan begitu, lanjut Bahtiar, pihaknya akan tetap tingkatkan dalam hal segi pengawasan agar nantinya Lapas Kelas II B Pasir Pengaraian tidak ada lagi titipan titipan atau sering disebut zero karinal, zero narkotika, zero napi dan zero pungutan liar mulai dari depan sampai ke blok - blok.

Berita Lainnya

View All