Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Lancang Kuning 2021, Ini Pesan Bupati Rokan Hulu

Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Lancang Kuning 2021, Ini Pesan Bupati Rokan Hulu

Riauaktual.com - Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Lancang Kuning 2021, perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), Kamis (23/12/2021) digelar sekitar pukul 09.10 Wib di halaman Kantor Bupati Rokan Hulu (Rohul).

Bertindak sebagai Inspketur Upacara (Irup) Bupati Rohul H Sukiman dengan Perwira Upacara Kasat Lantas Polres Rohul AKP Bagus Harry Priyambodo, SIK.

Gelar pasukan kali ini mengambil tema "Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2021 kita tingkatkan sinergi Polri dengan Instansi Terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2021dan Tahun Baru 2022".

Dalam amanatnya Sukiman menyebut, peningkatan aktifitas masyarakat tentu saja sangat berpotensi menimbulkangangguan, kamtibmas, gangguan, kamseltibcar, lantas dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2021 yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari  24 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. 

"Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini kita harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19," kata Sukiman.

Sukiman juga menyebut, apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk, pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi “Lilin 2021” dalam pengamanan perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan Mitra kamtibmas lainnya.

"Dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polri telah mempersiapkan 83.917 personel Polri, 15.842 personel TNI serta 55.086 personel instansi terkait lainnya. Personel tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas dan 675 Pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan dan lainnya," tuturnya.

Lanjut Sukiman, berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus kita antisipasi, antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan, Narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

"Untuk itu, diharapkan seluruh Kasatwil mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai dengan karakteristik kerawanan pada masing-masing daerah," harap Sukiman.

Disamping itu, Sukiman mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Lilin Tahun 2021. 

"Sekecil apapun peran yang diberikan, itu akan memberi catatan sejarah bagi perjalanan hidupmu, yang suatu saat bisa kamu torehkan dan ceritakan kepada anak cucumu kelak. Dan semoga dalam bertugas nantinya Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan dan keselamatan kepada kita, dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara, dalam bingkai persatuan dan kedamaian," pungkasnya.

Untuk diketahui, Apel Gelar Pasukan ini juga diikuti, Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK melalui Kabag Sumda Kompol Yuhermankoto, SPSi, Plt SekdaKab Rohul  Muhammad Zaki, Danramil 02 Rambah Kapten Inf Taufik Sihombing, para Kadis, Kaban, Kakan dilingkungan Pemkab Rohul.

Kemudian, untuk di lingkup Jajaran Polres Rohul, para Kabag, Kasat, Pama, Kapolsek Jajaran Polres Rohul, Awak Media, baik online, cetak, Telivisi,  LSM serta lainnya

Selanjutnya, susunan Peserta Apel Gelar Pasukan OPS Lilin Lancang Kuning 2021, TNI  1 SST  Sabhara  1 SST, Lantas  1 SST, Gabungan Staff  1 SST, Intelkam, Reskrim, Narkoba  1 SST, Dishub  1 SST, Satpol PP / Damkar  1 SST, BPBD  1 SST, Senkom  1 SST, Dinkes  1 SST dan Pramuka  1 SST.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index