HKN 2021, Diskes Gelar Seminar Membangun Riau Lebih Sehat di Masa Pandemi

HKN 2021, Diskes Gelar Seminar Membangun Riau Lebih Sehat di Masa Pandemi
Asisten I Setdaprov Riau saat membuka kegiatan

Riauaktual.com - Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2021, Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau menggelar seminar kesehatan dengan tema "Membangun Riau Lebih Sehat di Masa Pandemi Covid-19, Ayo Vaksin, Tetap Prokes, Lindungi Diri dan Sehatkan Negeri", Selasa (16/11/2021) di Rumah Sakit Aulia, Jalan Soebrantas, Panam, Pekanbaru.

Asisten I Setdaprov Riau Jenri Salmon Ginting saat membuka kegiatan ini mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sangat mendukung kegiatan yang dihelat oleh Dinas Provinsi Riau dalam rangka meyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57.

"Kami berharap semoga hasil seminar ini dapat membentuk langkah-langkah konkrit untuk meyakinkan masyarakat tentang bahayanya Pandemi Covid-19. Semoga kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kita dalam upaya pemberantasan wabah pandemi Covid-19 di Provinsi Riau yang kita cintai ini," ujar Jenri Salmon Ginting, Selasa (16/11/2021).

Ia mengatakan dalam situasi pandemi Covid-19, Pemprov Riau telah meningkatkan kemampuan dan layanan kesehatan bagi masyarakat di Provinsi Riau. Semua fasilitas kesehatan dipastikan sudah berjalan dengan memenuhi aspek legalnya serta memastikan standar mutu pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat tetap selalu terjaga.

"Hal ini dibuktikan dengan pernyataan kesediaan semua fasilitas kesehatan terutama fasilitas pelayanan kesehatan di Provinsi Riau melaksanakan pelayanan kesehatan sesuai standart mutu nasional," ungkapnya.

Pemerintah provinsi Riau juga merespon kasus penurunan pandemi Covid-19 dengan melakukan 3T yakni Testing, Tracing dan Treatmen. Itu sudah dilakukan oleh Pemerintah, baik Pemprov Riau, Pemkab/Kota dalam rangka menurunkan level dari level 4 ke level 3 dan akhirnya sampai ke level 2.

"Standart penurunan level itu adalah vaksinasi yang ada di Kabupaten/Kota. Jadi kalau vaksinasinya tinggi maka levelnya akan semakin menurun. Alhamdulillah pekanbaru sudah mencapai 84 persen," jelasnya.

Hingga kini lanjut Jenri, Pemprov Riau terus melakukan upaya konkrit dan tindakan nyata sebagai bentuk keseriusan Pemerintah daerah dalam menyelamatkan masyarakat Riau dari Covid-19. Dalam penanganan wabah pandemi ini telah melibatkan semua unsur dari pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama dan seluruh masyarakat Riau.

Sejalan dengan upaya dan kerja keras Pemprov Riau dalam memberantas Covid-19 di Provinsi Riau, upaya pencegahan melalui program vaksinasi secara gencar telah dilaksanakan. Mulai dari tenaga kesehatan, sektor pelayanan publik serta bagi masyarakat umum terus berjalan dengan memanfaatkan semua momen, pelayanan secara intens baik yang dilakukan pemerintah maupun yang dibantu organisasi peduli Covid-19 maupun Ormas lainnya.

"Program vaksinasi tidak bertujuan untuk membuat seseorang menjadi kebal dan terbebas dari Covid-19. Vaksinasi juga tidak serta merta menggantikan implementasi protokolo kesehatan. Maka itu pelaksanaan vaksinasi harus tetap disiplin," ungkapnya.

Kondisi pandemi Covid-19 yang terkendali saat ini perlu ditingkatkan melalui transisi epidemologi menuju endemi.

"Kegiatan produktif secara bertahap dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dijadikan sebagai benteng pencegahan terhadap oenularan Covid-19 dalam kehdupan sehari-hari serta melakukan vaksinasi Covid-19 secara lengkap," ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir yang diwakili oleh Kabid Pelayanan Kesehatan Provinsi Riau Dr. Yohanes, M.Si dalam laporannya mengatakan dalam rangka HKN 2021, Dinas Kesehatan Provinsi Riau memiliki beberapa rangkaian kegiatan seperti diinstruksikan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

"Adapun rangkaiannya itu terdiri dari beragai kegiatan, salah satunya adalah Simposium atau seminar yang digelar hari ini dalam rangka penguatan penanganan Covid-19. Kemudian nanti di tanggal 20 November kita akan mengadakan abkti sosial di SMU Negeri 2 Siak Hulu Jalan Kubang Raya dalam rangka meningkatkan pelayanan spesialistik kepada masyarakat seperti yang juga sudah kita lakukan di beberapa Kabupaten/Kota di Riau dan itu memang program Kementerian Kesehatan," ujar Yohanes.

Ia mengatakan bersempena dengan Hari Kesehatan Nasional, pihaknya juga melaksanakan pelayanan kesehatan bergerak.

"Nanti pada tanggal 26 - 29 November kita jug akan mengadakan kegiatan bakti sosial di Rokan IV Kota tepatnya di Desa Simpang Kiri Hilir. Kita akan melakukan pelayanan spesialistik disana. Jadi adalah salah satu upaya mendekatkan pelayanna spesialistik kepada masyarakat," katanya.

Lanjutnya, simposium yang digelar hari ini adalah berkat kerjasama dan dukungan daripada Rumah Sakit Aulia dan Rumah Sakit se-Kota Pekanbaru yang turut mendukung pada acara peringatan Hari Kesehatan Nasional ini.

"Dan momen ini kita manfaatkan juga untuk memberikan pelayanan termasuk vaksinasi juga, sehingga kita memanfaatkan semua momen untuk perbaikan kesehatan masyarakat di Riau ini. Terutama kita prioritaskan untuk daerah-daerah yang masih belum terjangkau oleh pelayanan kesehatan terutama daerah-daerah pinggiran," pungkasnya.

Hadir sebagai narasumber dalam seminar kesehatan tersebut Prof. Tjandra Yoga Atmaja, dr Pandu Riono dan juga H. Ahmad, AMd.Kep, S.Sos,MH. (Advertorial)

Berita Lainnya

View All