Sudah 21 Ribu Lebih Lansia di Pekanbaru Divaksin

Sudah 21 Ribu Lebih Lansia di Pekanbaru Divaksin
Muhammad Jamil

Riauaktual.com - Penyuntikan vaksinasi Covid-19 bagi warga lanjut usia (Lansia) terus digesa Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Menurut Sekda Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil, hingga saat ini capaian vaksinasi lansia sudah mencapai 40,5 persen dari target. 

Total ada sekitar 70.384 orang lansia yang mesti mendapat suntikan vaksin hingga akhir tahun 2021. Sementara jumlah lansia yang telah menjalani vaksinasi sebanyak 21.365 orang. 

"Kita sudah memacu vaksinasi bagi lansia, pemberian vaksin kita lakukan secara bertahap. Karena bila vaksinasi lansia di bawah 40 persen maka Kota Pekanbaru bisa kembali naik ke PPKM level 3,'' kata Jamil, siang tadi.

Jamil mengaku, sudah meminta kepada tim Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru untuk menggesa vaksinasi lansia. Camat dan fasilitas kesehatan di dorong membantu untuk melakukan percepatan vaksinasi. 

Jamil menyebut, untuk bertahan di PPKM level 2 tim satgas sudah menggesa pemberian vaksin bagi lansia lebih dari 40 persen. Capaian itu meningkat seiring arahan dari Walikota Pekanbaru terkait percepatan vaksinasi bagi lansia pada pekan kemarin.

Persentase jumlah lansia yang menjalani vaksin bakal bertambah beberapa hari ini. Seluruh layanan kesehatan dan berbagai pihak sudah mendukung upaya percepatan vaksinasi lansia dengan mendatangi lansia hingga ke rumahnya.

Ia menyebut seluruh fasilitas layanan kesehatan di Kota Pekanbaru ikut serta menggesa vaksinasi bagi lansia.

Tim satgas juga menggandeng penyelenggara umroh untuk mengajak peserta umroh bisa menjalani vaksinasi Covid-19 sebelum ke tanah suci.

"Bagi yang sudah daftar umroh, kita minta mereka divaksin. Rata-rata yang ikut umroh itu lansia, maka kita minta agar para lansia peserta umroh ikut berpartisipasi," ungkapnya. 

Sementara salah seorang warga, Hj Zuraidah (60) yang ditanya mengaku, kalau dirinya sudah vaksin sebanyak dua kali.

Semula, warga Jalan Hangtuah, Kelurahan Bambu Kuning, Kecamatan Tenayan Raya ini tak mau ikut vaksin sama sekali. Tapi setelah diberi edukasi dan mendapat sosialisasi serta membaca berita, akhirnya Hj Zuraidah ikut vaksin.

''Saya sudah dua kali vaksinasi Covid-19. Sampai sekarang masih sehat dan bugar. Ayo vaksinasi, karena ini penting untuk imun dan aman bagi kita yang sudah lanjut usia,”  ungkap Zuraidah. Jdi

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index