APBD Tahun 2022, Dewan Minta Pemko Pekanbaru Prioritaskan Penanganan Banjir dan Sampah

APBD Tahun 2022, Dewan Minta Pemko Pekanbaru Prioritaskan Penanganan Banjir dan Sampah
Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Ruslan Tarigan (istimewa)

Riauaktual.com - Pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022, Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Pekanbaru, Ruslan Tarigan meminta Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk memperioritaskan penanganan banjir dan juga sampah.

"Penanganan Covid-19 itu sudah pasti nomor satu, tapi jangan fokus itu saja anggarannya. Sektor lainnya perlu tetap diprioritaskan juga," kata Ruslan, Senin (11/10/2021).

Politisi PDI Perjuangan ini membeberkan bahwa sudah sangat banyak masyarakat yang mengadu dan berkeluh karena tempat pemukiman mereka kerap terjadi banjir, selain itu banjir sendiri mengakibatkan perekonomian masyarakat menjadi berhenti.

"Termasuk anggaran banjir, jangan hanya sekadarnya saja. Untuk kondisi Kota Pekanbaru yang menjadi langganan banjir, tak cukup anggarannya Rp13 Miliar. Jadi, ya harus lebih porsinya," jelasnya.

Sementara itu terkait dengan persampahan, Ruslan yang juga merupakan anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru ini membeberkan meskipun pengangkutan sampah sudah menggunakan pihak ketiga. Namun pemgangkutan sampah di Pekanbaru belum seperti apa yang diharapkan.

Saat ini ada dua perusahaan rekanan Pemko Pekanbaru yang bertugas untuk mengangkut sampah, yaitu zona I dipegang oleh PT Godang Tua Jaya dan zona II dipegang oleh PT Samhana Indah. 

Dengan anggaran yang dikucurkan sebesar Rp42miliar tersebut, Ruslan megatakan bahwa kinerja dari dua perusahaan tersebut belum sesuai dengan apa yang diharapkan.

"Piala Adipura kita belum dapat, itu saja indikasinya. Artinya, anggaran yang telah disiapkan untuk penanganan sampah, harus sesuai dengan hasilnya," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index