TNI Gadungan Sempat Bentak Anggota Asli, Tak Berkutik Ketika Ditanyakan Hal Ini

TNI Gadungan Sempat Bentak Anggota Asli, Tak Berkutik Ketika Ditanyakan Hal Ini

Riauaktual.com - Seorang anggota TNI gadungan bernama Roni Marpaung (45) di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, berhasil diamankan petugas.

Penangkapan bermula dari kecurigaan anggota TNI melihat Roni mengendarai sepeda motor dengan seragam TNI AD.

Kapolres Rokan Hilir (Rohil), AKBP Nurhadi Ismanto mengatakan aksi Roni terungkap, Selasa (14/9/2021). 

Ketika itu, anggota TNI yang merupakan Pasi Ops Kodim 0321/Rohil Kapten Inf M Manurung dan personel provost melintas di jalan lintas Ujung Tanjung Bagan Siapiapi hendak menuju markas. Secara kebetulan beriringan dengan pelaku.

Merasa curiga dengan gelagat pelaku, Pasi Ops Manurung dan personil Provost Kodim memberhentikan pelaku. Mereka kemudian menanyakan identitas pelaku, tapi dijawab dengan nada keras.

"Pelaku sewaktu ditanya jawab dengan nada keras. 'Ngapain ditanya-tanya kita sama-sama tentara'," katanya.

Personel Kodim kemudian bertanya asal kesatuan pria yang beseragam TNI dengan pangkat Sersan Mayor tersebut. Namun pelaku selalu menjawab berubah-ubah.

"Lalu ditanyakan kembali Nomor Register Prajurit (NRP). Pelaku menjawab dengan ragu dan pelaku tak mengetahui apa NRP," kata Kapolres, Sabtu (18/9/2021).

Kemudian Pasi Ops melihat brevet yang digunakan salah tempat penggunaan. Merasa curiga kemudian pelaku dibawa ke Pos POM TNI AD Bagan Siapiapi.

Setelah dilakukan pemeriksaan pelaku mengakui bahwa pelaku bukan prajurit TNI AD. Selanjutnya pelaku diserahkan ke Polsek Bangko guna pemeriksaan lebih lanjut.

"Hasil introgasi dia datang dari Sumatera Barat. Dugaan sementara pelaku ini akan melakukan penipuan, tetapi pemeriksaan masih terus dikembangkan untuk motif," katanya. (JA)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index