Seekor Harimau Terjebak Perangkap di Teluk Lanus, Tempat Dimana Serangan Terhadap Warga

Seekor Harimau Terjebak Perangkap di Teluk Lanus, Tempat Dimana Serangan Terhadap Warga
Foto: Ilustrasi

Riauaktual.com - Seekor harimau Sumatera terjebak perangkap yang dipasang disekitar lokasi serangan terhadap warga Teluk Lanus, Siak, Kamis (9/9/2021) pagi. 

Mahfud Kepala Teknis Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Riau, mengatakan, petugas menemukan harimau terperangkap sekitar pukul 6.00 WIB.

Saat ini, petugas bersama harimau tersebut bergerak dari lapangan ke Pekanbaru untuk dilakukan tindakan medis.

"Setelah tiba di Pekanbaru, harimau terlebih dahulu kita observasi, untuk melihat adanya luka-luka. Kalau ada tentunya kita rawat terlebih dahulu," jelas Mahfud.

Mahfud menambahkan, ada dua opsi yang akan dilakukan yakni relokasi di dua tempat. Namun, langkah awal harimau akan ditangani tim medis BKSDA Riau.

"Soal relokasi itu ketentuan tim medis," jelas Mahfud.

Plh Kepala BBKSDA Riau, Hartono, mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan apakah harimau itu yang memangsa warga Teluk Lanus beberapa waktu lalu.

Untuk mengetahuinya, pihaknya terlebih dahulu akan melakukan observasi dengan mencocokkan rekaman kamera trap yang sebelumnya telah dipasang dilokasi serangan.

"Perlu dibandingkan apakah sama ciri fisik dengan yang menyerang warga. Untuk disesuaikan dengan tangkapan kamera trap," jelas Hartono.

Kegiatan mencocokkan ini, lanjut Hartono, karena setelah dilaporkan adanya serangan harimau, pihaknya langsung mengirimkan tim ke lokasi memasang kamera trap dan perangkap.

"Nanti rekaman kamera trap itu yang kita pelajari. Kemudian dicocokkan dengan ciri-ciri yang menyerang warga beberapa waktu lalu," ungkap Hartono.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index