Tim Gabungan Gagalkan Aktifitas Ilegal Logging, 50 Tual Kayu Diamankan

Tim Gabungan Gagalkan Aktifitas Ilegal Logging, 50 Tual Kayu Diamankan

Riauaktual.com - Sebanyak 50 Tual kayu, ditemukan Tim Gabungan Penegakan Hukum (Gakkum) Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau, bersama tim Lembaga Adat Melayu (LAM) Kuansing dan KPH Kuansing, pada aktifitas Ilegal Logging (Ilog) di Hutan Lindung Bukit Betabuh, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Kepala DLHK Riau Mamun Murod didampingi Kasi Gakkum Agus Suryoko, dihubungi Senin (30/8/2021) kemairn mengatakan, temuan aktifitas ilog ini menindaklanjuti laporan masyarakat.

Namun, Murod menyesalkan ada juga sekelompok masyarakat yang mau menjadi kaki tangan para pelaku. Dengan membocorkan kedatangan tim gabungan.

“Hasil operasi ini kami menemukan puluhan kayu yang ditebang dari berbagai jenis dan ukuran dengan panjang empat meter,” sebut Murod.
 
“Hasil penghitungan jumlahnya 50-an tual kayu," kata Murod.
 
Selain informasi aktifitas Ilog ini, pihaknya juga mendapat kabar hasil kayu di Bukit Betabuh ini dijual ke sejumlah sawmil ilegal yang berada di perbatasan Kuansing dengan Kabupaten Dhamasraya, Sumatera Barat (Sumbar).
 
“Saat tim gabungan datang, lokasi telah ditinggal para pelaku,” ucap Murod.
 
Menurutnya, pihaknya gagal menangkap para pelaku dikarenakan diduga kuat telah mendapat informasi terkait rencana patroli tim gabungan.

“Diduga kuat koordinasi kaki tangan dengan para pelaku yang berada di pintu-pintu masuk Bukit Betabuh. Karena begitu kita datang, lokasi penebangan sudah kosong,” terang Murod.

Kemudian, untuk menghindari agar pelarian tidak terkejar, para pelaku sengaja merusak jembatan penghubung.

“Akibatnya mobil patroli kami tidak bisa masuk ke dalam,” jelas Murod.
 
Sementara itu, terkait kayu yang telah ditebang. Pihaknya akan melakukan proses lelang, untuk selanjutnya hasilnya disetorkan kepada negara.

“Beberapa sampel juga turut dibawa sebagai bukti masih adanya Ilog di Bukit Betabuh,” pungkas Murod.*

Berita Lainnya

View All