Pimpin Apel HUT RI ke-76, Gubri Harap Provinsi Riau Semakin Tangguh

Pimpin Apel HUT RI ke-76, Gubri Harap Provinsi Riau Semakin Tangguh

Riauaktual.com - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 tetap digelar Pemerintah Provinsi Riau, di halaman Gedung Daerah Provinsi Riau, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Selasa (17/8/2021) dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Bagi setiap petugas dan tamu undangan yang hadir, panitia mewajibkan melakukan tes PCR. 

Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi bertindak sebagai pemimpin upacara. Dia dan Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution terlihat kompak mengenakan pakaian adat Melayu dan tanjak.
 
Petugas yang bertindak sebagai pembawa Baki adalah Viola Raissa Putri dari SMAN 1 Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan. Bertugas pengibaran bendera yaitu Feri Ferdynan dari SMAN 1 Kerumutan, Kabupaten Pelalawan.
 
Sedangkan yang bertugas sebagai pengibar bendera, M Riski Ananda Syukri siswa SMA Islami Center Siak Kabupaten Siak, dan rekannya Maxwell Gilberto Tarihoran dari SMAN 1 Mandau Kabupaten Bengkalis.
 
Setelah pelaksanaan dilapangan terbuka, Gubri melanjutkan mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI) secara virtual bersama Presiden RI Joko Widodo di Gedung Daerah Balai Serindit.
 
Sedangkan, Presiden di Istana Negara diantaranya Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin berserta istri dan para Menteri Kabinet Indonesia Maju serta para undangan lainnya. 
 
Dalam upacara tersebut, Presiden Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara, sedangkan bertindak sebagai Komandan Upacara yakni Asisten Operasi Kosekhanudnas II Makassar Kolonel Penerbangan, Putu Sucahyadi. 
 
Tahun ini, tema yang diangkat dalam peringatan HUT ke-76 RI adalah "Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh" yang mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik. 
 
Seperti tahun-tahun yang lalu, HUT ke-76 RI kali ini juga mewajibkan seluruh kepala daerah memakai baju adat daerahnya masing-masing.

Jokowi sendiri dalam kesempatan ini mengenakan baju adat dari Provinsi Lampung dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengenakan pakaian adat Sunda dari Sukabumi Provinsi Jawa Barat. 
 
Melalui tema Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh, Gubri mengatakan bahwa seluruh rakyat Indonesia termasuk Riau agar tangguh menghadapi tantangan dan cobaan di masa sekarang. 
 
“Indonesia Tumbuh apabila kita bisa bersama-sama menangani pandemi Covid-19 ini, tentunya kita harapkan Indonesia ke depan tumbuh menuju Indonesia Maju,” katanya.
 
Ia berharap seluruh bangsa Indonesia termasuk Provinsi Riau bergotong-royong dan berusaha agar diharapkan Indonesia bisa tangguh dan tumbuh dengan ekonomi yang dapat mensejahterakan masyarakat Indonesia. 
 
"Semakin dewasa negara kita, diharapkan semakin maju pula negeri ini," pungkasnya. 
 
Dalam kesempatan itu Gubri juga memberikan sagu hati secara simbolis kepada veteran Provinsi Riau.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index