Foto: Kominfo Tim KKN

Tim Pengabdian KKN UNRI Kampung Bungaraya Kunjungi Kelompok Tani 

Sabtu, 17 Juli 2021 - 22:10:09 WIB Di Baca : 1451 Kali

Riauaktual.com - Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Riau Kampung Bungaraya, Kecamatan Bungaraya Kabupaten SiakK Tahun 2021 melakukan kunjungan ke kelompok Tani yang ada dikampung, Kamis (15/7/2021) lalu.

Kunjungan Ke Kelompok Tani ini merupakan salah satu program kerja dibidang Ketahanan Pangan yang telah disusun oleh TIM KKN bersama Dosen Pembimbing Lapangan. 

Tujuan diadakannya kunjungan ini yakni untuk bersilaturrahmi dengan petani yang ada di Kampung dan juga untuk menggali informasi seputar kegiatan pertanian yang ada di Kampung Bungaraya. 

Dari hasil wawancara singkat yang dilakukan bersama salah seorang petani didapatkan informasi bahwa Kelompok tani di Kampung Bungaraya menghadapi berbagai masalah yang menghalangi perkembangan kelompok tani mereka. Hal ini mengakibatkan petani kurang bisa berkembang bahkan mengalami kerugian dalam usaha taninya. 

"Beberapa masalah yang sering dihadapi petani pertama terkait hama, banyak lahan persawahan yang terserang ulat. Ulat yang menyerang secara massif membuat tanaman yang dibudidayakan petani menjadi rusak bahkan mengalami kematian sehingga merugikan petani," ungkap Ketua Tim Fadli Timbunan, Sabtu (17/7/2021) 

Lalu kondisi harga gabah yang saat ini anjlok juga menjadi masalah yang dihadapi para petani. Ditambah dengan harga Pupuk dan obat-obatan pertanian yang harganya makin tinggi membuat petani semakin kesulitan dalam mengolah pertanian, terutama disaat kondisi harga gabah yang sedang turun.

"Disela kunjungan ke Kelompok Tani, TIM KKN UNRI Kampung Bungaraya sangat antusias untuk ikut membantu petani dalam proses panen padi. Lalu kegiatan kunjungan ini ditutup dengan sesi foto bersama," tutup Fadli Timbunan.





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com