Puluhan Pengunjung Tempat Hiburan Malam di Tes Swab

Puluhan Pengunjung Tempat Hiburan Malam di Tes Swab
Petugas medis lakukan swab pada pengunjung tempat hiburan yang terjaring tim Satgas Covid-19.

Riauaktual.com - Mencegah penyebaran pandemi Covid19, puluhan orang yang terjaring Satgas Covid-19 dari tempat hiburan malam akhir pekan kemarin menjalani tes swab. Mereka menjalani pemeriksaan kesehatan di Kantor Satpol PP Kota Pekanbaru, Senin (5/7/2021). 

''Total ada 70 orang yang menjalani tes swab. Mereka menjalani pemeriksaan secara bergantian oleh tim medis. Petugas mengambil sampel dari hidung dan mulut satu persatu,'' kata Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru, Iwan Parlindungan Simatupang.

Dijelaskannya, puluhan orang ini terjaring dalam razia protokol kesehatan (Prokes) di Koro-Koro, Jalan HR Soebrantas, Kota Pekanbaru.

Kata Iwan, kegiatan swab test ini adalah tindak lanjut penegakan protokol kesehatan di tempat hiburan tersebut. Mereka mendapati pengunjung yang abai terhadap protokol kesehatan. Sehingga saat hari itu, tim menyita identitas pengunjung tempat hiburan tersebut. 

Iwan menegaskan, bahwa para pengunjung harus menjalani swab test. Hal ini guna menindaklanjuti kondisi kesehatan para pengunjung hiburan malam. "Kegiatan ini bertujuan untuk menekan penyebaran Covid-19," jelasnya. 

Pihaknya bersama aparat gabungan juga menyeimbangkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat di Jawa -Bali. Tim satgas pun bakal memperketat pengawasan dan kerumunan.

Satpol PP kota juga memberi sanksi administrasi bagi pelanggar protokol kesehatan. Ada juga sanksi teguran hingga membubarkan kerumunan yang ada.

Selain itu, pengelola juga terancanam sanksi denda bila tidak mengindahkan protokol kesehatan. Ia pun mengimbau seluruh pelaku usaha agar disiplin dan taat mengikuti protokol kesehatan. *


Petugas medis lakukan swab pada pengunjung hiburan malam yang terjaring tim Satgas Covid-19.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index