F3 Agency Media Partner Dukung Program Bank Sampah di Pekanbaru

Sabtu, 19 Juni 2021 - 21:26:00 WIB Di Baca : 435 Kali


Riauaktual.com - Kelestarian lingkungan tidak semata hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, melainkan butuh dukungan masyarakat dan peran dari berbagai pihak.  Seperti halnya dalam pelaksanaan program "Kota Hijau" atau Green City yang digagas Walikota Pekanbaru, Firdaus, M.T.

Di mana, dalam realisasi program tersebut, setiap kecamatan di wilayah setempat, hingga lingkup Rukun Warga (RW) secara massif telah membentuk unit Bank Sampah dengan memberdayakan masyarakat untuk pengelolaan sampah rumah tangga.

Tujuannya, untuk selain menjadikan Pekanbaru sebagai"Green City", melalui program ini, diharapkan dapat membawa manfaat ekonomi bagi masyarakat. 

Gerakan Bank Sampah hingga lingkup RW, di Pekanbaru ini pun mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak, termasuk dari manajemen F3 Agency Media Partner.

"Program bank sampah ini sangat bagus untuk dikembangkan. Sebab, program ini  bukan hanya bagian dari upaya kita untuk melestarikan lingkungan, tapi juga membawa dampak positif bagi ekonomi masyarakat. Maka dari itu kita sangat mendukung dan ingin berkontribusi dalam memajukan pogram ini dengan cara kita," kata Pimpinan F3 Agency Media Partner, Aidil Fitri, Sabtu (19/6/2021) usai acara pengukuhan pengurus Unit Bank Sampah Sejahtera Jaya, RW 08, Kelurahan Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru.

Sementara itu, di tempat yang sama, Lurah Kampung Melayu, Darwindra mengatakan, melalui pembentukan Unit Bank Sampah di seluruh RW, pihaknya berharap dapat membantu pengelolaan sampah mulai dari lingkungan rumah tangga, sehingga mengurangi tonase sampah yang diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA). 

Selain itu, dengan pengelolaan sampah ini, masyarakat di wilayah setempat juga diharapkan dapat merasakan manfaat ekonomi. 

"Di Kelurahan kita ini ada 9 RW, dari jumlah tersebut sudah 5 RW yang kita bentuk Unit Bank Sampah bekerja sama dengan Bank Sampah Induk Inspirasi Madani sebagai koordinator pengelolaannya. Untuk RW yang lain, dalam waktu dekat ini juga akan menyusul," terang Darwindra.

"Jadi kita memfasilitasi ibu-ibu PKK, ibu rumah tangga dan masyarakat untuk mendukung program pemerintah kota menjadikan Pekanbaru sebagai Green City yang sejuk dan indah. Harapan kita, dari pada sampah-sampah ini terbuang, bagus kita pilah, kita timbang, dapat uang, hati senang," tambahnya. 





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com