Diskes Pekanbaru Tarik Seluruh Vaksin Covid-19, Ini Respon DPRD

Diskes Pekanbaru Tarik Seluruh Vaksin Covid-19, Ini Respon DPRD
Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru, Yasser Hamidy

Riauaktual.com - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru menarik seluruh vaksin Covid-19 di yang terdapat di 28 rumah sakit dan juga Puskesmas. Penarikan vaksin tersebut diketahui dari surat yang dikeluarkan oleh Diskes Pekanbaru untuk seluruh direktur rumah sakit.

Penarikan vaksin itu sendiri dilakukan karena ketidakcocokan data yang ada di rumah sakit dengan jumlah persediaan dosis vaksin.

Merespon hal ini Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru, Yasser Hamidy mengatakan dengan penarikan vaksin ini diharapkan seluruh data penerima dan jumlah vaksin yang tersedia di Pekanbaru menjadi singkron dan tidak terjadi ketimpangan.

"Masyarakat harus tenang dan presepsinya jangan lari, karena penarikan vaksin ini hanya untuk memvalidasi data apakah vaksin yang diberikan dengan pusat cocok apa tidak dengan yang terjadi dilapangan," kata Yasser, Rabu (9/7/2021).

Karena dengan ketimpangan data ini, politi PKS ini meminta Diskes Pekanbaru untuk segera melakukan evaluasi agar vaksin yang diberikan oleh pemerintah pusat cocok dengan realisasi yang ada di lapangan.

Namun disatu sisi Yasser menyayangkan kenapa surat penarikan vaksin dari Diskes Pekanbaru yang ditujukan kepada pihak rumah sakit tersebar hingga ke masyarakat, karena dengan mengetahui hal tersebut bisa memicu keresahan masyarakat Pekanbaru.

"Atau bisa Diskes memanggil direktur rumah sakit dan Puskesmas sembari membawa data, dan bisa langsung dilakukan evaluasi berapa vaksin yang sudah teralisasi dengan jumlah vaksin yang diberikan pemerintah pusat," ucapnya.

Agar tidak kembali membuat masyarakat resah dan membuat masyarakat berprasangka buruk terhadap pemerintah, Yasser menghimbau Diskes Pekanbaru agar mengevaluasi cara berkomunikasinya dengan pihak rumah sakit dan juga Puskesmas.

Lebih jauh apakah Komisi III Pekanbaru akan memanggil Diskes dan juga rumah sakit serta Puskesmas yang ada di Pekanbaru, Yasser menyebutkan dirinya akan menggelar rapat internal terlebih dahulu apakah akan dipanggil atau cukup dikomunikasikan saja.

"Akan segera kita rapatkan, tapi kalau cukup dengan komunikasi saya rasa bisa juga mewakili," pungkasnya. (HI)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index