Guna Penanganan Covid-19

Wako Minta Lurah dan Camat Cepat Rampungkan Data Warga

Wako Minta Lurah dan Camat Cepat Rampungkan Data Warga
Dr Firdaus

Riauaktual.com - Wali Kota Pekanbaru, Dr Firdaus, meminta para camat dan lurah merampungkan pendataan warga dalam 10 hari ke depan. Pendataan ini guna memetakan penanganan Covid-19 di Kota Pekanbaru.

Pendataan dimulai dari tingkat Rukun Tetangga (RT). ''Kita telah melakukan evaluasi penanganan Covid-19 dalam satu tahun terakhir. ''Makanya dengan pendataan ini, kami dapat melakukan rencana-rencana penanganan,'' kata Wako Firdaus, hari ini.

Ia mengungkapkan, pendataan dilakukan dengan merinci jumlah kepala keluarga (KK), kelompok umur, jumlah warga yang sudah divaksin, jumlah warga belum divaksin, jumlah warga tak bisa divaksin, dan jumlah warga pernah terpapar Covid-19.

Ia menilai, tugas pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19 adalah dengan melakukan pembatasan kegiatan masyarakat. Kemudian juga mempertimbangkan peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya yang berada pada wilayah dan kelompok terkecil seperti kelurahan hingga RT/RW.

Nantinya camat dan lurah melakukan pendataan dan pemetaan terhadap kondisi terkini sebaran Covid-19 dan vaksinasi yang selanjutnya dijadikan database sampai tingkat RT/RW sebagai database posko PPKM kelurahan. 

"Nantinya data base penanganan Covid-19 dan percepatan vaksinasi camat dan lurah dapat menggunakan data dan informasi dari dinas terkait," jelasnya. 

Ia menyebut, pemerintah kota melakukan penanganan Covid-19 berbasis kewilayahan. Terutama proses vaksinasi bagi masyarakat. Saat ini vaksinasi massal gencar dilakukan pemerintah kota. Kemudian proses vaksinasi reguler juga berjalan yang di utamakan di puskesmas.

"Vaksinasi juga dapat dilakukan di 10 bus vaksinasi keliling di 15 kecamatan di Kota Pekanbaru,'' ungkapnya. *

#

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index