Pemko Pekanbaru Butuh 100 Ribu Dosis Vaksin Perbulan

Pemko Pekanbaru Butuh 100 Ribu Dosis Vaksin Perbulan
Dr Firdaus

Riauaktual.com - Vaksinasi Covid-19 secara massal masih dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk percepatan penuntasan vaksinasi penduduk Pekanbaru. Vaksinasi massal dilakukan di sejumlah tempat menyasar kelompok prioritas penerima vaksin. 

Wali Kota Pekanbaru, Dr Firdaus mengatakan, vaksin yang dikirimkan pemerintah pusat sebanyak 50.000 dosis beberapa waktu lalu telah digunakan seluruhnya. Vaksin ini disuntikkan terhadap kelompok lanjut usia (Lansia), guru, rohaniwan, dan pelayanan publik. 

"Yang 50.000 sudah kita vaksin. InsyaAllah 50.000 dosis lagi akan datang dari kementerian kesehatan," kata Firdaus, Selasa (1/6/2021). 

Menurutnya, pemerintah kota saat ini membutuhkan rata-rata sebanyak 100.000 dosis vaksin setiap bulannya. Hal ini untuk mengejar target sebanyak 730.000 penduduk Pekanbaru tuntas divaksin hingga Desember 2021.

Terkait pasokan vaksin sendiri, telah dikomunikasikan dengan menteri kesehatan dan Presiden RI Joko Widodo saat kunjungan kerja ke Pekanbaru beberapa waktu lalu. 

"Mudah-mudahan dengan 100 ribu dosis yang dijanjikan bapak Presiden dan menteri kesehatan beberapa waktu yang lalu dapat disalurkan. Kedepan kita harapkan dapat 100 ribu vaksin baru," jelasnya. 

Menurutnya, proses vaksin terus berlangsung. Jumlah penduduk Kota Pekanbaru yang sudah divaksin lebih kurang mencapai 140.000 jiwa. 

Menurutnya, dengan vaksinasi covid-19 ini dapat membentuk kekebalan imun untuk menangkal Covid-19. Vaksinasi massal ini diharapkan dapat membuat kekebalan kelompok atau herd immunity. 

"Dengan cara demikian dan ditambah dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, kita dapat terlindungi dari covid. Kita, keluarga kita, bangsa dan negara," ungkapnya. *

#

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index