Pemprov Riau Tidak Gelar Open House Tahun ini, Gubri Sarankan Ini..

Pemprov Riau Tidak Gelar Open House Tahun ini, Gubri Sarankan Ini..
Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSI (Dok- Pemprov Riau)

Riauaktual.com - Mencontohkan bentuk protokol kesehatan dimasa Pandemi Covid-19 ini. Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menegaskan tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tidak menggelar Halal Bi Halal Idul Fitri 1442 Hijriyah.

Keputusan ini, kata mantan Bupati Siak ini, setelah pihaknya melakukan pertemuan bersama Forkopimda, Pemko Pekanbaru, MUI Riau, ketua organisasi masyarakat (Ormas) Islam dan tokoh masyarakat Riau membahas terkait dengan persiapan pelaksanaan takbir dan salat Idul Fitri, di Gedung Daerah Risu, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Selasa (4/5/2021) kemarin.

''Hasil pertemuan, Halal bi halal Pemerintah Provinsi tahun ini tidak ada,'' kata Gubri.

Langkah yang sama diharapkan turut diterapkan pemerintah kabupaten/kota dengan meniadakan halal bi halal di lingkungan pemerintahan.

Meskipun begitu, Gubri tidak melarang masyarakat tetap bersilaturahmi dengan kerabat. Tetapi dilakukan secara virtual saja.

''Kami mengharapkan dukungan masyarakat tidak ada halal bi halal. Silaturahmi secara virtual saja,'' harapnya.

Hal yang sama kata Gubri, pihaknya juga tidak melaksanakan open house yang biasa digelar di kediaman dinas Gubernur Riau, Jalan Diponegoro Pekanbaru.

''Kami juga tidak melaksanakan open house tahun ini. Kami silaturahmi lewat virtual saja,'' sebut Gubri.

Gubri juga berharap tradisi hari raya enam yang biasa dirayakan di Kabupaten Kampar, agar tidak dilaksanakan.

''Harapan kami pemerintah daerah di Kampar, juga mengeluarkan kebijakan acara adat seperti hari raya enam, mestinya tidak dilaksanakan,'' harap Gubri. 

Menurut Gubri lain halnya bagi daerahnya zona hijau dan kuning diperbolehkan, tetapi dengan syarat harus dibatasi dan menjaga protokol kesehatan. 

''Yang tak boleh itu sesuai arahan Menag itu yang berada di zona merah dan oranye,'' tegasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index