Bukber Dinilai Jadi Salah Satu Penyebab Meningkatnya Kasus Covid-19 di Riau

Bukber Dinilai Jadi Salah Satu Penyebab Meningkatnya Kasus Covid-19 di Riau
Kepala Dinas Kesehatan Mimi Yuliani Nazir

Riauaktual.com - Kegiatan buka bersama (bukber) puasa Ramadhan, dinilai menjadi salah satu faktor meningkatnya angka terkonfirmasi Covid-19 di Riau, khususnya di kota Pekanbaru.

Peningkatan drastis Covid-19 di Riau sepekan terakhir, juga tampak pada Jumat (30/4/2021), dengan 521 kasus positif Covid-19 baru di Riau.

Kepala Dinas Kesehatan Mimi Yuliani Nazir, menyesalkan sikap patuh protokol kesehatan warga hanya diterapkan saat ada petugas. Begitu petugasnya pergi, prokes tidak diterapkan lagi.

''Dampaknya semakin berbahaya, bahkan juga kasus meninggal terpapar Covid-19 juga terus meningkat,'' kata Mimi.

Artinya, Mimi berharap kesadaran dari masyarakat sendiri. Karena, saat ini pihaknya mencatat, kasus tertinggi berasal dari kluster keluarga.

''Kalau masyarakat tidak mau terkena Covid-19, jalankan instruksi pemerintah. Terapkan protokol kesehatan,'' saran Mimi.

Sementara tim ahli Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad, Fajri Marinda Siregar membeberkan, disamping gelar buka bersama dinilai menjadi penyebab meningkatnya kasus covid-19, juga ada faktor pemeriksaan sampel naik dari masyarakat.

Adapun waktu rawan yang harus diwaspadai, kata Fajri, yakni mulai pukul 16.00-21.00 WIB. Di mana, pada waktu itu masyarakat benyak berkumpul jelang berbuka puasa, bahkan buka puasa bersama dan abai protokol kesehatan.

"Nomer 2 itu paling penting, budaya buka puasa bersama itu rawan. Kalau paling utama ya protokol kesehatan, virus ini kan berpindah kalau ada pergerakan, kalau mobilitas menurun, berkumpul menurun ya pasti turun juga. Kalau tidak ya begini terus," katanya.
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index