Tingkatkan SDM Daerah, Bupati Siak Jalin Kerjasama Dengan Unilak

Tingkatkan SDM Daerah, Bupati Siak Jalin Kerjasama Dengan Unilak

Riauaktual.com - Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan aparatur pemerintahan, bupati Siak Alfedri melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Lancang Kuning (Unilak) tentang pendidikan, pengajaran, pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat. 

Selain itu, MoU tersebut kata Alfedri juga bentuk kerjasama Pemkab Siak dengan Unilak dalam rangka pengembangan program pembangunan dan pelayanan yang berdayaguna bagi masyarakat di Kabupaten Siak.

"Penandatanganan nota kesepahaman dengan Unilak ini salah satu upaya untuk meningkatkan SDM, khususnya tenaga pendidik atau guru di Siak,"kata Alfedri, Jum'at (09/04/2021).

Kegiatan bertempat di Gedung Batin  Djaonang Kantor Camat Minas tersebut dihadiri langsung Rektor Unilak Dr. Junaidi SS, M.Hum.

Dihadapan rektor tersebut, Alfedri juga menjelaskan jumlah guru Paud di Kabupaten Siak berjumlah 946 orang, terdiri dari sarjana 558 (59%), dan non sarjana 388 (41%). 

"Untuk guru SD sebanyak 3.587 orang, 90% sudah sarjana tinggal 10% lagi yang belum. Dan guru SMP sebanyak 1.733 orang, diantaranya 94% telah sarjana,"kata Bupati Siak tersebut.

Dalam kesempatan itu, selain peningkatan SDM guru-guru Paud, bupati Siak tersebut dalam penyampaiannya mengatakan akan mendorong  aparatur kampung termasuk Penghulu untuk meningkatkan kapasitas akademisnya. 

Karena menurutnya, Kemendagri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) sudah melakukan MoU. 

"Bagi guru-guru Paud yang ingin kuliah, tidak perlu datang ke kampus. Proses belajar mengajar dilakukan secara daring,"pungkasnya. (Infotorial)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index