11 Kelurahan Masih Zona Merah, DPRD Desak Pemko Pekanbaru Lakukan Test Swab Massal

11 Kelurahan Masih Zona Merah, DPRD Desak Pemko Pekanbaru Lakukan Test Swab Massal
Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru, Yasser Hamidy

Riauaktual.com - DPRD Pekanbaru kembali mendesak agar Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kembali melakukan Test Swab massal, hal tersebut lantaran 11 kelurahan masih dalam zona merah penyebaran Covid-19.

"Kita (DPRD) meminta Pemko memaksimalkan Test Swab Antigen di masing-masing wilayah, karena saat ini kita melihat belum maksimal," kata Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru, Yasser Hamidy, Jumat (26/2/2021).

Yasser mempertanyakan alasan dari Pemko Pekanbaru menetapkan status zona merah yang ada di 11 kelurahan tersebut, apakah karena meningkatnya kasus penambahan Covid-19 atau tingkat kerawanan penyebaran kasus.

"Ini juga harus dijelaskan ke masyarakat, agar informasi yang diterima masyarakat jelas dan bisa menenangkan masyarakat," kata Yasser.

Politisi PKS ini juga menuntut agar Pemko Pekanbaru harus serius untuk mengatasi penyebaran Covid-19 di Pekanbaru, terlebih saat ini sudah ada Swab Antigen yang mana jauh lebih murah jika dibandingkan dengan Swab PCR.

"Itu semua bisa dilakukan, tinggal kemauan dari pemerintah serta Dinas Kesehatan. Saya rasa jika Test Swab dilakukan seluruh kelurahan zona merah," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) menyebut, 15 kecamatan di Kota Pekanbaru sudah keluar dari zona merah penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Tapi, ada sebelas kelurahan yang dikategorikan zona merah karena jumlah pasien positif corona. Sekretaris Dinkes Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, indikatornya berdasarkan jumlah pasien positif.

Kalau jumlahnya lebih dari 10 pasien, merupakan zona merah. Jumlah pasien 6 hingga 10 disebut zona oranye. Kalau jumlah pasien positif antara 1 hingga 5 orang 1-5 disebut kuning zona. 

"Jadi, tidak ada kelurahan yang zona hijau. Zona merah ini ada di 11 kelurahan," jelas Zaini.

Ia merinci, zona merah itu ada di Kelurahan Simpang Baru dengan 38 kasus, Sidomulyo Barat 26 kasus, Tangkerang Barat 25 kasus, Tangkerang Utara 19 kasus, Rejosari 18 kasus, Umban Sari 16 kasus, Tangkerang Labuai 14 kasus, Delima 14 kasus, Labuhbaru Barat 13 kasus, Tangkerang Tengah 12 kasus, Tangkerang Timur 13 kasus. 

Kata dia, data ini yang terakhir dihimpun pada 21 Februari. "Data ini diperbarui satu pekan sekali. Tapi kalau tingkat kecamatan, kami menggunakan indikator epidemiologi," kata Zaini.

Data Diskes, kecamatan yang berstatus zona kuning corona adalah Bina Widya, Bukit Raya, Kulim, Limapuluh, Marpoyan Damai, Payung Sekaki, Pekanbaru Kota, Rumbai, Rumbai Barat, Rumbai Timur, Sukajadi, Tuah Madani. Sedangkan zona oranye yaitu Sail, Senapelan, Tenayan Raya. 
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index